Calon Independen Muncul di Pilkada Solo, Gibran: Selamat Bertanding

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 21:47 WIB
Ilustrasi Gibran Rakabuming Raka
(Foto: Ilustrator: Edi Wahyono)
Solo -

Setidaknya sudah ada dua pasangan bakal calon independen yang mengklaim memiliki dukungan sejumlah syarat yang ditentukan KPU Solo. Salah satu bakal calon Wali Kota Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka, menyambut santai.

"Ya udah, selamat bertanding," kata Gibran saat dijumpai di kawasan Manahan, Solo, Jumat (21/2/2020).

Dia bahkan memberi apresiasi kepada pasangan bakal calon yang mendapat dukungan melebihi syarat, yaitu 35.870 e-KTP. Sementara Gibran masih menanti turunnya rekomendasi dari DPP PDIP.

"Luar biasa (dukungan ke calon independen melebihi batas). Kalau saya kan masih belum dapat rekomendasi," katanya.


Apabila mendapat rekomendasi dari PDIP, Gibran mengaku harus lebih bekerja keras. Meskipun saat ini PDIP berada di atas kertas dengan perolehan dua per tiga kursi DPRD Kota Solo.

"Harus kerja keras lagi. Tidak boleh meremehkan lawan," katanya.

Putra Presiden Joko Widodo itu juga berharap Pilkada Solo nanti disambut masyarakat dengan meriah. Kontestan Pilkada pun diajak bertarung secara sportif.

"Ke depan semua calon bisa perang wacana, perang program unggulan. Tidak ada lagi saling menyindir, menyebarkan isu negatif. Tapi perang wacana, perang visi-misi, perang program unggulan," pungkasnya.


Seperti diberitakan, hari ini ada dua pasangan bakal calon independen yang mendatangi KPU Solo. Mereka adalah Bagyo Wahyono-FX Supardjo dan Abah Ali-Gus Amak.

(mbr/rih)