Sleman-Gunungkidul Belum Terima Rekomendasi Pilkada, Ini Kata PDIP DIY

Jauh Hari Wawan S, Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 17:06 WIB
ilustrasi pilkada serentak 2015
Ilustrasi Pilkada (Foto: Zaki Alfarabi)
Yogyakarta -

DPP PDI Perjuangan (PDIP) baru mengeluarkan rekomendasi untuk pasangan calon kepala daerah Kabupaten Bantul dari tiga kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang bakal menggelar Pilkada 2020. Rekomendasi untuk dua kabupaten lain, Sleman dan Gunungkidul, belum diputuskan.

Saat dimintai konfirmasi, Ketua DPD PDIP DIY Nuryadi mengatakan pihaknya belum mengetahui persis apa alasan DPP tak sekaligus mengeluarkan rekomendasi untuk Pilkada Sleman dan Gunungkidul.

"Jadi kenapa Bantul dulu, yang lain (Sleman dan Gunungkidul) belum, mungkin karena yang lain dianggap belum selesai diskusinya, mungkin. Jadi yang jelas Bantul dulu yang sudah keluar," kata Nuryadi saat dihubungi wartawan, Kamis (20/2/2020).

Menurut Nuryadi, keputusan rekomendasi ada di tangan DPP PDIP. Pihaknya hingga saat ini masih menunggu keputusan dari pusat.

"Kami tidak tahu kapan keputusan rekomendasi itu turun. Rekomendasi kewenangan DPP. Mutlak," tegasnya.

Nuryadi mengungkapkan, DPD PDIP DIY telah mengirimkan sejumlah nama bakal calon hasil penjaringan untuk dimintakan rekomendasi kepada DPP. Nama-nama yang dikirim itu meliputi bakal calon untuk Pilkada Sleman maupun Gunungkidul.

"Ada banyak (nama yang diajukan), saya lupa berapa, tapi semua kami sampaikan ke DPP. Kan pendaftaran itu bisa lewat DPC dan DPD, tapi ada yang langsung ke DPP," jelasnya.

Diwawancara terpisah, Ketua DPC PDIP Sleman Koeswanto mengatakan pihaknya juga menyerahkan sepenuhnya keputusan rekomendasi kepada DPP.

"Kami tetap menunggu arahan pusat. Kalau sekarang, tugas kami di DPC sudah selesai saat menyerahkan nama ke DPP melalui DPD. Baru setelah rekomendasi turun, kami akan bekerja untuk mengenalkan calon dan lain sebagainya," kata Koeswanto saat dihubungi.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan, rekomendasi nama calon bupati dan wakil bupati untuk Pilkada Gunungkidul diperkirakan akan keluar setelah Musyawarah Anak Cabang (Musacab).

"Jadi yang jelas setelah Musacab akan diumumkan (rekomendasi DPP)," kata Endah saat dihubungi.

Endah menyebutkan, salah satu hasil Rakernas PDIP adalah memerintahkan seluruh DPC yang mengikuti Pilkada harus menyelesaikan pembentukan ranting, anak ranting maupun pengurus anak ranting.

"Sudah selesai sebetulnya (pembentukan pengurus anak ranting PDIP di Gunungkidul), tapi menunggu DPD (PDIP DIY). Karena rapat Musacab dipimpin DPD PDIP (DIY)," ucapnya.

Endah menyebut, bahwa pihaknya telah mengagendakan rapat Musacab. Menurutnya, agenda tersebut kemungkinan akan bersamaan dengan DPC PDIP Sleman.

"Kami usulkan Minggu (23/2/2020) atau Senin (24/2/2020), karena kalau Musacab Sleman hari Minggu, kalau di Gunungkidul kemungkinan hari Minggu kalau nggak hari Senin," katanya.

Diberitakan sebelumnya, DPP PDIP telah mengeluarkan rekomendasi untuk Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo sebagai pasangan calon peserta Pilkada Bantul 2020.

Halim saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Bantul sekaligus Ketua DPC PKB Bantul. Sedangkan Joko Purnomo adalah Ketua DPC PDIP Bantul sekaligus anggota komisi B DPRD DIY.

(rih/mbr)