Pendapat Para Pakar soal Status FB 'Hina Jokowi' Unggahan Dosen Unnes

tim detikcom - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 10:58 WIB
Status Dosen Unnes dinilai hina Presiden, berujung skorsing
Unggahan Sucipto yang dipersoalkan Unnes. (Foto: Tangkapan layar status FB)
Yogyakarta -

Universitas Negeri Semarang (Unnes) membebastugaskan dosen Sucipto Hadi Purnomo. Dosen Program Studi Bahasa dan Sastra Jawa di Fakultas Bahasa dan Seni Unnes tersebut dinilai menghina Presiden Jokowi dalam unggahan di Facebook.

Postingan yang dimaksud Unnes diunggah pada 10 Juni 2019 di akun Facebook Sucipto Hadi Purnomo. Dalam posting-an tersebut tertulis, 'Penghasilan anak-anak saya menurun drastis pada lebaran kali ini. Apakah efek Jokowi yang terlalu asyik dengan Jan Ethes?'.

"Iya benar yang itu, apakah menghina Jokowi? Itu satire," kata Sucipto saat dimintai konfirmasi detikcom.


Sucipto menyebut postingannya itu sudah melewati masa Pilpres. Dosen bergelar doktor tersebut menegaskan bahwa satire yang dia tulis itu untuk menyinggung orang-orang yang selalu menyalahkan Jokowi, bukan justru menghina Jokowi.

"Saat itu kan trending Jokowi yang jalan-jalan dengan Jan Ethes, beritanya gegap gempita. Itu kan menimbulkan rasa iri, kemudian orang-orang, jika ada yang tidak beres, kemudian menyalahkan Jokowi, dikit-dikit salah Jokowi. Apakah saya menyalahkan Jokowi? Asyik sama Jan Ethes apa salahnya, tanda tanya pula. Satirenya ke yang menyalahkan Jokowi," jelas Sucipto.


Sejumlah ahli bahasa maupun pakar komunikasi turut memberikan pendapat soal unggahan tersebut. Berikut ini pendapat mereka:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5