3 Siswa Penganiaya Siswi SMP Purworejo Terancam 3,5 Tahun Bui

Rinto Heksantoro - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 14:32 WIB
Jumpa pers kasus penyiksaan siswi SMP Muhammadiyah Butuh, Purworejo, Kamis (13/2/2020).
Foto: Jumpa pers kasus penyiksaan siswi SMP Muhammadiyah Butuh. (Rinto Heksantoro/detikcom)
Purworejo -

Polisi telah menetapkan tiga siswa yang memukul dan menendangi siswi SMP di Purworejo sebagai tersangka. Ketiganya dijerat pelanggaran UU Perlindungan Anak dan terancam hukuman tiga tahun enam bulan penjara.

"Ya kita kenakan UU Perlindungan Anak pasal 80 hukumannya 3 tahun 6 bulan atau denda Rp 72 juta," ujar Kapolres Purworejo, AKBP Rizal Marito saat menggelar pers rilis di kantornya, Kamis (13/2/2020).

Kini para tersangka diamankan di Mapolres Purworejo. Untuk mendalami kasus tersebut, sedikitnya 8 orang diperiksa oleh petugas termasuk para tersangka.

"Kita sudah melakukan pemeriksaan terhadap 8 orang, 5 saksi dan 3 tersangka," terangnya.

Pemeriksaan ketiga tersangka berinisial TP (16), DF (15), dan UH (15) itu rencananya bakal didampingi Dinas Sosial maupun penasihat hukum.

"Hari ini terus berlanjut dan tentunya terkait perkara terhadap anak sebagai korban ataupun tersangka ini kita akan didampingi oleh dinsos. Kemudian penasihat hukum termasuk juga dari wali korbannya dan juga tersangkanya," bebernya.

Sebelumnya diberitakan, tiga siswa SMP melakukan penganiayaan terhadap seorang siswi di dalam ruang kelas. Peristiwa itu diketahui terjadi di SMP Muhammadiyah Butuh Purworejo pada Rabu (12/2) kemarin.

Video kekerasan itu viral di media sosial hingga akhirnya polisi turun tangan. Sementara itu, pihak sekolah mengaku kecolongan dengan adanya video itu.

"Nah kebetulan kemarin yang merekam itu anaknya terlambat, jadi langsung masuk. Kami memang kecolongan, apalagi pas jam pergantian jadi kami kurang mengawasi," kata salah seorang guru di SMP Muhammadiyah Butuh Purworejo, Tutik saat ditemui di lokasi, Kamis (13/2).

Video Ramai Video Siswa SMP Purworejo Keroyok Siswi, Polisi Gerak Cepat :

[Gambas:Video 20detik]

(ams/mbr)