Yogya Diprediksi Hujan Lebat hingga Lusa

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 18:54 WIB
Tugu Yogyakarta, Sabtu (13/10/2018). (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor.

Selanjutnya, agar masyarakat mewaspadai kemungkinan hujan disertai angin kencang yang berpotensi dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang atau roboh. Masyarakat juga diimbau bijak dalam menggunakan piranti elektronik.

"Kami minta agar tidak menyalakan alat elektronik secara berlebihan jika terjadi hujan disertai kilat atau petir," ujarnya.

Potensi cuaca ekstrem di DIY ini akan terjadi di Kabupaten Kulon Progo meliputi Kecamatan Girimulyo, Nanggulan, Samigaluh, Kalibawang, Panjatan, Kokap, Pengasih, dan Wates.

Kabupaten Sleman meliputi Kecamatan Turi, Pakem, Cangkringan, Tempel, Sleman, Ngaglik, Ngemplak, Minggir, Seyegan, Godean, Mlati, Gamping, Depok, Kalasan, Berbah, dan Prambanan.

Seluruh Kota Yogyakarta juga akan merasakan dampak cuaca ekstrem ini. Kemudian di Kabupaten Bantul meliputi Kecamatan Sedayu, Kasihan, Sewon, Pajangan, Bantul, Pleret, Piyungan, Jetis, Imogiri, Dlingo, Srandakan, Sanden, dan Kretek.

Untuk Kabupaten Gunungkidul meliputi Kecamatan Gedangsari, Ngawen, Nglipar, Playen, Patuk, Paliyan, Wonosari, Karangmojo, Semin, dan Ponjong.

Halaman

(rih/sip)