Melihat Lebih Dekat ke dalam Bangunan Keraton Agung Sejagat Purworejo

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 20:29 WIB
Penampakan Keraton Agung Sejagat. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Purworejo -

Sejak 'raja' dan 'ratunya' diciduk polisi pada Selasa (14/1) petang, Keraton Agung Sejagat tak boleh dimasuki dan dijaga ketat polisi. Seperti apa penampakan di bagian dalam keraton yang diakui pendirinya fiktif itu?

Pantauan detikcom, Rabu (22/1/2020), Keraton Agung Sejagat di Desa Pogung Juru Tengah, RT 03 RW 01, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo itu ternyata memiliki banyak ornamen pada ruang utamanya. Ornamen itu seperti matahari, macan putih hingga ular dan pedang.

Untuk memasuki ruangan utama Keraton Agung Sejagat, harus masuk ke sebuah rumah berlantai dua lebih dahulu. Memasuki rumah tersebut, detikcom mendapati sebuah hiasan menempel di dinding yang mencuri perhatian.

Hiasan tersebut terbuat dari styrofoam yang digambar logo mahkota kerajaan dan di bawahnya terdapat gambar ular yang melilit tiga bilah pedang. Sedangkan pada bagian bawahnya terdapat tulisan 'Bathara Indera'.

Melongok lebih dalam, terdapat sebuah pintu yang mengarah ke ruang utama Keraton Agung Sejagat. Di dalam ruangan tersebut terdapat beberapa kursi berwarna putih, dua buah meja panjang dan singgasana 'Raja' dan 'Ratu' Keraton Agung Sejagat.

Bagian dalam Keraton Agung Sejagat, Purworejo.Bagian dalam Keraton Agung Sejagat, Purworejo. Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Pada langit-langit ruangan tersebut terdapat ornamen menyerupai matahari. Tak hanya di langit-langit, ornamen tersebut juga terdapat pada dinding yang berada di belakang singgasana raja dan ratu.

Blak-blakan 'Raja' Keraton Agung Sejagat: Tak Ada Niat Jahat:

Selanjutnya
Halaman
1 2