Round-Up

Ketika Petinggi Sunda Empire Sebut Keraton Agung Sejagat Ngawur

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 11:12 WIB
Petinggi Sunda Empire Raden Rangga (Foto: dok. pribadi)
Yogyakarta - Petinggi Sunda Empire Raden Rangga atau HRH Rangga atau Raden Ranggasasana berbicara tentang Keraton Agung Sejagat. Apa kata Raden Rangga?

"(Keraton Agung Sejagat) tidak ada hubungannya sama sekali (dengan Sunda Empire)," kata Rangga saat berbincang dengan detikcom via telepon, Selasa (21/1/2020).

Dengan nada yang meninggi, Rangga menegaskan klaim yang disampaikan Toto soal Keraton Agung Sejagat tidak berdasar. Dia lalu menyinggung soal aturan di Sunda Empire tentang sistem yang tak mengizinkan seseorang membangun kerajaan.


"Semua yang disebut Keraton Sejagat itu kan ngawur. Tidak dibenarkan setelah Perang Dunia II, dari sistem empire, dalam hal ini Sunda Empire, itu tidak boleh orang membangun kerajaan," tegasnya.

Bukan hanya berbicara tentang keraton, Rangga juga berbicara tentang 'Raja' Keraton Agung Sejagat Toto Santoso. Dia mengungkapkan Toto dikeluarkan dari Sunda Empire.

"(Toto) dikeluarkan secara tegas. (Saat Toto dikeluarkan Sunda Empire) saya belum bertugas di Sunda Empire. Saya nggak tahu wajahnya," kata Rangga.


Simak Blak-blakan 'Raja' Keraton Agung Sejagat: Tak Ada Niat Jahat

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2