Round-Up

Kapten Gadungan di Bantul Memperdaya Janda, Berujung Tipuan Luar Dalam

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 09:54 WIB
Sukamdi dan seragam TNI yang dimilikinya (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Bantul - Polisi meringkus Sukamdi (45), pria asal Klaten, yang menipu seorang janda dari Bantul, H (47). Residivis ini mengaku sebagai kapten tentara untuk menipu korbannya luar-dalam.

Korban dan pelaku berkenalan pada Agustus 2019, lalu keduanya menjalin komunikasi intensif. "Karena sudah kenal dekat, keduanya lalu sering ketemu. Bahkan pelaku berjanji ingin menikahi korban," papar Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Riko Sanjaya, Selasa (21/1).

Kepada korban, Sukamdi mengaku duda dan sebagai anggota TNI berpangkat kapten yang berdinas di Korem 072/Pamungkas Yogyakarta. Dia juga berjanji akan menikahi korban. Untuk meyakinkan korban, tersangka membuatkan kartu anggota Persit untuk korban.

"Setiap berkunjung ke rumah korban, dia (Sukamdi) selalu mengenakan pakaian dinas TNI, sehingga korban akhirnya percaya. Apalagi korban sudah dijanjikan mau dinikahi. Karena itu, korban mau memberikan uang sekitar Rp 36 juta kepada dia," ucapnya.


Riko melanjutkan, untuk lebih meyakinkan H, Sukamdi juga pernah memberikan jaket doreng kepada korban. Namun korban curiga karena, selang beberapa hari, jaket tersebut diminta kembali oleh Sukamdi.

"Dia juga pernah berikan jaket doreng ke korban, tapi diminta lagi dan dari pengakuannya jaket itu dijual lagi di pasar loak," ujar Riko.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3