2 Remaja Terpeleset Saat Cari Ikan di Sungai Progo, 1 Masih Hilang

Sayoto Ashwan - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 08:36 WIB
Proses evakuasi pemancing yang terseret arus di Sungai Progo. (Foto: Dok. Basarnas DIY)
Kulon Progo - Berniat mencari ikan, dua remaja di Kabupaten Kulon Progo, DIY, terseret arus Sungai Progo pada Senin (21/1) malam. Satu berhasil diselamatkan setelah terdampar di bebatuan yang ada di tengah sungai. Namun satu lagi hilang dan jasadnya hingga kini belum diketemukan.

Humas Basarnas Kantor Yogyakarta, Pipit Eriyanto mengatakan musibah ini bermula saat 4 pelajar ini hendak memancing ikan di aliran Sungai Progo di wilayah Sentolo. Mereka adalah Muji Mulyadi (15) warga Pongangan, Sentolo, Kulon Progo, Tian Antoni (15) warga Blimbing Sukoreno Sentolo.

Dua lainnya adalah Falentinos Yofi Kurniawan (15) warga Malangan, Sentolo, yang ditemukan selamat terdampar di tengah sungai. Sedangkan yang masih dilakukan pencarian Hendi Aris Sunandar (15) warga Bantar Wetan, Sentolo.

"Pada Senin malam sekitar pukul 22.00 WIB mereka ini gogoh (mencari) ikan. Saat pulang korban terpeleset dan hanyut," jelas Pipit, dalam keterangan persnya Selasa (21/1/2020).


Rekan korban yang ada di atas, kata Pipit, sebenarnya sudah berupaya melakukan pertolongan. Mereka memberikan kepis (tempat ikan) untuk pegangan korban. Namun lama-lama korban tidak kuat dan genggamannya terlepas.

Mendapatkan ada laporan jiwa yang membahayakan, Basarnas memberangkatkan 8 orang personel dilengkapi dengan peralatan water rescue. Mereka berhasil menyelamatkan Falentinos yang terdampar di tengah sungai. Sekitat pukul 01.15 WIB, petugas berhasil melakukan evakuasi terhadap korban ke tepi Sungai Progo.

"Korban kedinginan dan shock karena terlalu lama di bebatuan dengan kondisi air deras," terangnya.


Hingga kini petugas gabungan, dari Tim SAR gabungan, Polsek, Koramil bersama dengan PMI dan relawan, masih melakukan pencarian unyuk mencari jasad Hendi. (mbr/mbr)