Melihat Rumah Kontrakan 'Raja' Keraton Agung Sejagat di Sleman

Usman Hadi - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 11:30 WIB
Rumah kontrakan Toto Santoso, Raja Keraton Agung Sejagat, di Godean, Sleman, DIY, Rabu (15/1/2020). (Usman Hadi/detikcom)
Rumah kontrakan Toto Santoso, 'Raja' Keraton Agung Sejagat, di Godean, Sleman, DIY, Rabu (15/1/2020). (Usman Hadi/detikcom)
Sleman - 'Raja dan Ratu' Keraton Agung Sejagat di Purworejo telah ditangkap polisi Selasa (14/1) petang. Rumah kontrakan si raja yang bernama Toto Santoso (42) di Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), juga telah digeledah polisi.

Kontrakan Toto berada di Jalan Berjo-Pare, RT 05 RW 04, Desa Sidoluhur, Godean. Toto tinggal di kontrakan tersebut sejak pertengahan 2018.

"Iya, ini," kata tetangga rumah kontrakan Toto, Deki Rinawan (31), saat diperlihatkan foto Toto oleh detikcom, Rabu (15/1/2020).

"Dia tinggal di sini sejak 2018. Tapi saya nggak tahu atas nama siapa yang ngontrak, tapi dia tinggal di sini," sambungnya.


detikcom mendatangi kontrakan Toto itu. Ada beberapa kendaraan, yakni sebuah mobil dan beberapa sepeda motor, yang terparkir di depan kontrakan itu. Pintu kontrakan dalam kondisi tertutup.

Di samping rumah bercat putih yang ditinggali Toto, terdapat beberapa gazebo. Wartawan tidak bisa masuk ke halaman rumah karena pintu pagar dipalangi dengan bambu.


Melihat Rumah Kontrakan 'Raja' Keraton Agung Sejagat di SlemanRumah kontrakan Toto Santoso, 'Raja' Keraton Agung Sejagat, di Godean, Sleman, DIY, Rabu (15/1/2020). (Usman Hadi/detikcom)

Deki menjelaskan rumah yang dikontrak Toto itu digeledah tim gabungan dari Polda Jateng, Polres Purworejo, dan Polda DIY dini hari tadi, sekitar pukul 01.00-05.00 WIB. Namun polisi tidak memasang police line.

"Sekitar jam 01.00 WIB penggeledahannya. Sepengetahuan saya, itu dari Polda Jawa Tengah sama dari Purworejo, itu dari tim gabungan. Iya (di-backup Polda DIY). Ini sementara belum ada pemasangan police line sampai sekarang," tuturnya.


Menurut Deki, ada beberapa barang yang diamankan polisi dari kontrakan Toto. Namun ia tak mengetahui secara pasti jenis barang yang dibawa, karena barang tersebut telah dimasukkan ke dalam boks.

"Untuk barang-barangnya tadi malam (yang diamankan polisi) belum sempat lihat, karena sudah dimasukkan boks semua.... Kalau (jumlah boks) pastinya kurang tahu. Tapi lumayan banyak, nggak sampai puluhan," tutupnya.

Rumah kontrakan Toto dan Fanni bisa disaksikan dalam video di bawah.

[Gambas:Video 20detik]

(rih/ams)