Ini Penjelasan BMKG Soal Gempa Darat M 3,6 di Blora

Usman Hadi - detikNews
Rabu, 25 Des 2019 18:39 WIB
Gempa magnitudo 3,6 terjadi di Blora, Jawa Tengah, Rabu (25/12/2019) sore. (Foto: Dok. Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta)
Yogyakarta - Gempa bumimagnitudo 3,6 terjadi di barat laut Blora, Jawa Tengah, sore tadi. Kepala Stasiun Geofisika Klas I BMKG Yogyakarta Agus Riyanto memberikan penjelasan mengenai gempa bumi darat tersebut.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat penyesaran lokal sesar Pati," jelas Agus, Rabu (25/12/2019).


Agus menuturkan, berdasarkan analisis BMKG, gempa bumi yang terjadi pukul 16.12 WIB itu berkekuatan magnitudo 3,6. Gempa bumi itu berada di koordinat 6.87 LS dan 111.30 BT atau sekitar 16 kilometer barat laut Blora.

"Berdasarkan laporan dari masyarakat, guncangan tersebut dirasakan di Blora II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," terangnya.


Berdasarkan laporan yang BMKG peroleh, lanjut Agus, tidak ada kerusakan akibat gempa tersebut. Sementara berdasarkan hasil monitoring BMKG pukul 16.32 WIB belum menunjukkan adanya gempa bumi susulan.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tutupnya.

Halaman

(ush/rih)