Natal di Semarang, Diiringi Rebana hingga Gotong Royong Warga Muslim

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 25 Des 2019 14:58 WIB
Perayaan Natal di Gereja Mater Dei, Kelurahan Lamper Kidul, Semarang Selatan, Semarang, Rabu (25/12/2019). (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)

-Warga Muslim Bantu Rayakan Natal di Rumah Pendeta

Suasana penuh keharmonisan juga terasa di rumah Pendeta Emeritus Eka Lasa Purwibawa di RT 07 RW 01 Kelurahan Bangetayu Wetan, Kota Semarang. Warga muslim membantu menyambut dan menghidangkan sajian kepada tamu pendeta.

Ganjar yang datang ke rumah Pendeta Eka bersama Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen Mochamad Effendi terkesan dengan keguyuban di kampung itu.

"Saya senang gembira karena masyarakat guyub rukun saling menghormati, banyak kesejukan ditampilkan. Tadi satu gereja nyanyi diiringi rebana dari Demak, ini melihat masyarakat kumpul dari banyak pemeluk agama," ujar Ganjar.

Natal di Semarang, Diiringi Rebana hingga Gotong Royong Warga MuslimGanjar bersama Kapolda Jateng dan Pangdam IV Diponegoro di rumah Ketua Persekutuan Gereja Indonesia wilayah Jawa Tengah, Pendeta Emeritus Eka, Rabu (25/12/2019). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang juga datang melihat suasana yang harmonis karena tuan rumah juga mengundang tamu lintas agama dan aliran yang ternyata semua guyub.

"Ini luar biasa, Pak Pendeta Natalan, yang sengkuyung warganya mayoritas Muslim, ada ormas Islam juga. Itu membuktikan semakin kuat keguyuban di Kota Semarang, ini bisa jadi bagian dari daya ungkit seluruh warga Indonesia," kata pria yang akrab disapa Hendi itu.


Pendeta Eka yang juga Ketua Persekutuan Gereja Indonesia wilayah Jawa Tengah mengatakan memang seperti inilah Indonesia yang rukun antar umat beragama. Untuk tahun ini ia juga mengundang lebih banyak orang termasuk dari Ahmadiyah dan LDII.

"Saya undang lewat FKUB dan ternyata di sini kita akrab dan tertawa bersama," ujar Eka.

"Kita sedang menyemai rumah moderasi," imbuhnya
Halaman

(alg/rih)