Berita Terpopuler Jateng dan Yogya Sepekan

Politik di Solo Memanas hingga Viral Pemobil Mewah Ugalan-ugalan di Sleman

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 14 Des 2019 19:22 WIB
Gibran Rakabuming Raka saat pidato di DPD PDIP Jateng. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Gibran Rakabuming Raka saat pidato di DPD PDIP Jateng. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Yogyakarta - Sepanjang pekan ini, sejumlah berita mencuri perhatian di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mulai dari panasnya politik jelang Pilkada Solo hingga teror ular kobra di Klaten.

Tak ketinggalan, video viral pemobil mewah ugal-ugalan yang cekcok dengan sopir travel di kawasan Prambanan, Sleman.

Manuver Tajam Kader PDIP Solo, Ginda Ferachtriawan

Anggota DPRD Kota Solo, Ginda Ferachtriawan, resmi terdaftar dalam penjaringan bakal calon Wakil Wali Kota (Wawali) Solo di DPD PDIP Jawa Tengah, Kamis (12/12).

Langkah Ginda sejak awal sudah mendapat kritik dari seniornya, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat. Djarot menilai manuver Ginda tak beretika karena mengambil formulir pendaftaran di DPD PDIP Jateng tanpa sepengetahuan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudiyatmo.

Ginda sempat berusaha menemui Rudy untuk memberi klarifikasi kepada Rudi pada Senin (9/12) namun gagal.

Kader PDIP Solo, Ginda Ferachtriawan.Kader PDIP Solo, Ginda Ferachtriawan. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Meski begitu, Rudy menolak anggapan tak mau menemui Ginda.

Ginda yang sempat mengatakan bahwa dirinya belum tentu mendaftar, pada akhirnya mengembalikan formulir pendaftaran penjaringan untuk posisi Bakal Calon Wakil Wali Kota Solo.

Dia mengaku sudah berkomunikasi dengan Rudy sebelum mengembalikan formulir itu.

Beliau tidak menyebutkan secara spesifik bahwa saya diberikan restu, hanya saja ada pesan beliau bahwa nyambut gawe ki ngabdi (bekerja itu mengabdi)," ungkapnya.

Gibran Rakabuming Daftar Maju Pilkada Lewat PDIP Jateng

Gibran Rakabuming akhirnya resmi mendaftar penjaringan peserta pilkada melalui DPD PDIP Jateng dengan diantar rombongan relawan, Kamis (12/12). Rangkaian acara dimulai dari pelepasan Gibran di Graha Saba Buana, Solo pada pagi harinya. Tampak Iriana Jokowi bersama Selvi Ananda ikut melepas keberangkatan Gibran ke Semarang.

Usai resmi mendaftar, Gibran berorasi dengan berapi-api di panggung berkarpet merah yang sudah disediakan tim relawan.

Gibran resmi daftar bakal Cawalkot Solo.Gibran resmi daftar bakal Cawalkot Solo. Foto: Gibran daftar bakal Cawalkot Solo/dok.istimewa

Teriakan 'Gibran Solo-1' juga menggema di kantor DPD PDIP Jateng. Kepada relawan Gibran juga berjanji bakal gas pol kerja keras.

"Hari ini saya sudah sah menjadi bakal calon Wali Kota Solo tahun 2020-2025. Semua mekanisme partai sudah saya lalui. Setelah ini harus gas pol kerja keras," ucapnya.


Heboh teror belasan King Cobra di Warung Mi Klaten

Belasan ular king cobra bikin resah Sarmiati (38), pemilik warung mi ayam di Dusun Grembyang, Desa Karangwungu, Kecamatan Karangdowo, Klaten. Sebab, warung mi ayamnya diteror belasan ular kobra yang datang selama sepekan berturut-turut.

Sarmiyati bercerita dia sempat mengira ular yang ditemukan bukan jenis yang mematikan. Namun, saat akan dipukul ternyata kepala ular itu terangkat dan mengembang. Dia akhirnya memutuskan untuk menutup sementara warungnya.

Ular kobra yang ditemukan di warung mi, Klaten.Ular kobra yang ditemukan di warung mi, Klaten. Foto: Achmad Syauqi/ detikcom


Petugas Damkar Pemkab Klaten pun turun tangan. Dari 13 ekor, enam di antaranya sudah dievakuasi.

Kasi Pemadam Kebakaran Kantor Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Pemkab Klaten Sumino menegaskan belasan ular tersebut merupakan king cobra.

"Iya, kalau itu king cobra, kalau dilihat sekilas ada kuning di lehernya. Yang diamankan ada enam (ekor king cobra)," kata Sumino.

Selanjutnya
Halaman
1 2