Round-Up

Teror Kobra di Jateng, Susupi Warung Mi Klaten-Rumah di Gunungkidul

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 14 Des 2019 08:46 WIB
Induk Kobra yang ditangkap warga Dusun Kepek, Gunungkidul/Foto: Istimewa

Kepala Dusun Kepek I Sukirno tak menampik kemunculan kobra ini sudah sering terjadi di desanya. Dari catatannya pada 2017 warga berhasil menangkap 32 ekor anakan ular kobra dan 2018 berhasil menangkap 17 ekor anakan ular kobra.

"Sebenarnya itu sudah biasa, tapi paling parah tahun ini karena sampai masuk ke dalam rumah warga. Kalau yang sebelum-sebelumnya itu hanya di pekarangan atau di jalan-jalan kampung saja," ceritanya.

Anakan kobra yang ditangkap warga Dusun Kepek, Wonosari, GunungkidulAnakan kobra yang ditangkap warga Dusun Kepek, Wonosari, Gunungkidul Foto: Istimewa


Dimintai konfirmasi, Relawan Gunungkidul Reptil Independen, Dino Ashar Setiawan membenarkan ular yang ditangkap merupakan jenis kobra. Salah satu cirinya ada motif di bagian kepala ular tersebut.

"Jadi yang tertangkap di sana sudah 21 ekor ular kobra, 20 ukuran baby dan 1 dewasa. Kenapa bisa dikatakan kobra, karena di belakang (tubuh ular kobra) kayak ada motifnya, dan bagian belakang bawah kepala ular itu ada warna putih agak kekuningan," tutur Dino.
Halaman

(ams/ams)