Round-Up

Kobra Muncul di Gunungkidul, Nyusup Kamar Bayi dan Bikin Warga Ngungsi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 22:53 WIB
Foto: Ular kobra yang ditemukan di Gunungkidul (dok.ist)
Gunungkidul - Warga di Dusun Kepek I, Wonosari, Gunungkidul, DI Yogyakarta, digegerkan dengan kemunculan puluhan anakan kobra. Satu keluarga bahkan memilih mengungsi karena ketakutan.

Kepala Dusun Kepek I Sukirno menuturkan selama hampir dua pekan terakhir pihaknya sudah mendapatkan 21 anakan kobra. Satu induk kobra juga berhasil ditangkap warga di area pohon bambu dekat pekarangan.

"Jadi ular-ular itu mulai keluar sejak Senin (2/12) pekan lalu, yang pas pertama itu muncul 3 ekor (anakan kobra). Dari Senin (2/12) sampai kemarin Selasa itu sudah ada 21 ekor anakan ular kobra yang ditangkap, kalau indukannya baru satu ekor. Jadi total ular yang sudah ditangkap itu ada 22 ekor (ular kobra)," katanya saat ditemui detikcom, Jumat (13/12/2019).


Setelah mendapatkan induk kobra, warga juga beberapa kali dikagetkan dengan kemunculan kobra di rumahnya. Untuk membasmi ular-ular itu, warga pun bergotong royong membongkar talut yang diduga menjadi sarang kobra tersebut.


Warga setempat, Imam Surya Bakti (28) bersama keluarganya memilih mengungsi saat warga membongkar talut yang diduga sebagai sarang ular berbisa itu. Sebab, rumahnya berada tepat di atas talut yang dibongkar. Keluarga itu mengungsi selama lima hari empat malam dari Sabtu (7/12) hingga Rabu (11/12) malam.

"Dia punya anak 2, satu baru lahir dan satunya umur 3 tahun, terus karena takut, yang punya rumah sementara mengungsi sampai pembongkarannya selesai," ujar Sukirno.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3