PDIP Sesumbar Lawan Kotak Kosong di Wonogiri, Ini Kata Petahana

Aris Arianto - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 19:46 WIB
Bupati Wonogiri Joko Sutopo bersama warga di rumah pribadinya, Jumat (13/12). (Foto: Aris Arianto/detikcom)
Wonogiri - Bupati petahana Joko Sutopo mendaftar sebagai bakal calon Bupati Wonogiri lewat DPD PDIP Jawa Tengah. PDIP sesumbar kadernya itu bakal melawan kotak kosong.

Joko pun meyakini optimisme partainya berujung dirinya akan mendapatkan rekomendasi dari DPP untuk maju Pilkada Wonogiri 2020. Pria yang akrab disapa Jekek itu juga siap didampingi oleh siapapun.

"Siapapun nanti yang akan direkomendasikan, ya tetap siap. Tidak masalah saya diminta berdampingan dengan siapapun, dari latar belakang apapun," katanya di Wonogiri, Jumat (13/12/2019).


Yang pasti, ujarnya, saat ini dia masih menunggu arahan dari partai untuk tahapan selanjutnya. Sejauh ini belum ada pemberitahuan dari partai usai pendaftaran di DPD PDIP Jawa Tengah kemarin.

Sebagai petugas partai dia akan melaksanakan apapun perintah DPP.

"Prinsipnya masih menunggu," tegas Jekek.

Disinggung mengenai partai lain yang mendekat untuk menjajaki koalisi, Jekek mengatakan masih sebatas komunikasi informal. Untuk langkah formal, belum ada satupun partai melakukannya.

"Saya paham, partai (lain) tentu akan menunggu arahan atau instruksi dari pimpinan pusat masing-masing terkait hal itu. Namun secara umum, komunikasi dengan partai lain selama ini terjalin sangat baik," ujar dia.

Terpisah, Sekretaris DPC PDIP Wonogiri Setyo Sukarno mengklaim, dukungan dari masyarakat agar Jekek maju nyalon sangat besar. Dibuktikan dengan kedatangan rombongan warga dari sejumlah elemen berbagai kecamatan di Wonogiri ke rumah pribadi Jekek.


"Seperti hari ini dan kemarin, kalau dihitung sudah ribuan warga datang dengan tidak bersamaan, memberikan dukungan dan restu ke Pak Jekek. Ini tentu hal yang patut diapresiasi dan menjadi penyemangat untuk melangkah selanjutnya," kata Setyo.

(rih/sip)