Brebes Jadi Satu-satunya Daerah yang Belum WTP di Jateng

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 09 Des 2019 18:05 WIB
Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jateng Ayub Amali/Foto: Angling-detikcom
Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jateng Ayub Amali/Foto: Angling-detikcom
Brebes - Kabupaten Brebes menjadi satu-satunya daerah di Jawa Tengah yang belum mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK. Pengelolaan aset yang belum sinkron dan dinilai masih harus diperbaiki.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Ayub Amali mengatakan setiap tahun BPK mengeluarkan opini dan tahun lalu ada empat daerah di Jateng yang belum WTP yaitu Klaten, Tegal, Rembang, dan Brebes. Dan tahun ini Brebes masih menyandang Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

"Jadi opini di Brebes belum WTP. Pengelolaan asetnya yang lain sudah diperbaiki, Brebes perlu diperbaiki," kata Ayub di kantornya, Jalan Perintis Kemerdekaan Semarang, Senin (9/12/2019).


Salah satu contoh yang menyebabkan Brebes belum mendapat opini WTP adalah pencatatan aset di bidang pendidikan yang belum bagus. Menurutnya ada perbedaan data antara Dinas Pendidikan, bagian aset, hingga ke tingkat sekolahnya.

"Salah satunya, aset di pendidikan tidak singkron antara yang dibuat bagian keuangan, bagian aset, dan dinas pendidikan. Belum juga dari beberapa sampel sekolah, tidak cocok. Berarti pengelolaan asetnya belum bagus," jelasnya.

Meski demikian, menurut Ayub, Pemkab Brebes saat ini sedang memperbaikinya.

"Menurut informasi sedang kerja keras mengelola aset, mudah-mudahan tahun depan bisa WTP," tegasnya.


Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menambahkan, Brebes memang perlu didorong untuk pengelolaan keuangan sehingga pihaknya meminta inspektorat untuk mendampingi.

"Brebes harus didorong pada nilai-nilai pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel, serta membangun sistem integrasi yang baik. Saya minta inspektorat mendampingi Brebes agar segera mendapat hasil positif," ujar Ganjar.




Jokowi Pamer Laporan Keuangan 2016-2018 Raih WTP:

[Gambas:Video 20detik]



(alg/ams)