Round-Up

7 Tahun Naik Mobdin Camry dan Pernah Mogok, Walkot Solo Tak Lirik Ganti Rubicon

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 07 Des 2019 08:12 WIB
Wali Kota Solo FX Rudy dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Solo, Rabu (9/10/2019). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Wali Kota Solo FX Rudy dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Solo, Rabu (9/10/2019). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo tidak tertarik menggunakan mobil dinas mewah seperti Jeep Wrangler Rubicon yang akan dipakai Bupati Karanganyar. Rudy juga menyebut tak berencana membeli mobil dinas baru meski kendaraan yang ia pakai saat ini pernah mogok.

"Saya sudah menyampaikan ke Bagian Umum, tidak usah dan tidak perlu pengadaan kendaraan baru untuk Wali Kota. Mogok pernah, tapi tidak saya umumkan," kata Rudy setelah meresmikan gedung SD Cengklik, Banjarsari, Solo, Jumat (6/12/2019).

Menurutnya, yang terpenting ialah mobil itu dapat digunakan untuk bekerja.

"Pokoknya yang penting, satu, bisa dipakai bekerja. Saya naik becak saja berangkat, kok," ujarnya.


Saat ini Rudy menggunakan mobil dinas Toyota Camry berpelat nomor AD-1-A atau AD-7007-ZA. Mobil itu diketahui dibeli pada 2012.

Selain Camry, Pemkot Surakarta menyediakan satu mobil lain untuk Wali Kota, yakin Toyota Kijang Innova berpelat nomor AD-100-A. Namun Rudy lebih kerap menggunakan Camry.

"Innova itu kan kadang dipakai untuk PKK, untuk lain-lain. Itu kan sebenarnya persediaan untuk menjemput tamu," imbuh Rudy.


Diberitakan, Pemkab Karanganyar membeli Jeep Wrangler Rubicon sebagai mobil dinas Bupati Juliyatmono. Mobil mewah itu dibeli dengan harga Rp 1,989 miliar.

Plt Kepala Badan Keuangan (BKD) Karanganyar Narimo mengatakan pembelian mobil sudah direncanakan sejak tahun lalu, namun lelang mengalami kegagalan.

"Sebenarnya sejak 2018 kami lelang, tapi gagal. Tahun 2019 juga kami lelang beberapa kali juga gagal. Baru sekarang ini ada yang menang lelang," kata Narimo saat dihubungi detikcom, Rabu (4/12) kemarin.

(rih/rih)