Mantap! Siswa SD Sragen Sabet Perak Olimpiade Sains di Vietnam

Andika Tarmy - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 15:14 WIB
Keisya berlatih dengan guru pembimbingnya, Mutia. (Andika Tarmy/detikcom)
Sragen - Seorang siswi kelas VI SDIT Az-Zahra Sragen, Keisya Dhiandra Prabowo, menyabet medali perak dalam kompetisi sains internasional di Vietnam. Keisya membawa pulang medali perak di ajang 16th International Mathematics and Science Olympiad (IMSO).

Gadis berusia 12 tahun ini terpilih sebagai satu dari 24 pelajar yang mewakili Indonesia dalam kompetisi yang digelar di Hanoi pada 28-29 November lalu itu.

Keisya, yang turun dalam tim IPA Indonesia, berhasil menyisihkan ratusan peserta dari 24 negara, yakni Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Bulgaria, China, Filipina, Hong Kong, India, Iran, Kamboja, Kazakhstan, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Tajikistan, Thailand, Uni Emirat Arab (UEA), dan Vietnam.

Mengikuti rangkaian lomba selama dua hari, Keisya berhasil meraih medali perak. Dari 12 anggota tim IPA Indonesia, enam siswa mendapatkan medali perak, sementara sisanya meraih perunggu. Keisya menjadi satu-satunya perwakilan Jawa Tengah di tim IPA yang mendapatkan medali.

"Alhamdulillah dapat perak. Bangga sih karena bisa menyumbang prestasi untuk Indonesia," ujar Keisya ditemui detikcom di sekolahnya, Kamis (5/12/2109).

Menurutnya, bisa bersaing dengan peserta dari banyak negara merupakan kebanggaan tersendiri, terutama Singapura, Vietnam, dan China, yang dianggapnya sebagai pesaing ketat.


"Nggak banyak kendala. Mungkin hanya soal bahasa, karena soalnya pakai bahasa Inggrisnya science gitu, sedangkan kita nggak boleh bawa kamus," kata Keisya.

Anak tunggal pasangan Wahyu Dwi Prabowo dan Adini ini berujar kemampuan generasi muda Indonesia sebenarnya tidak kalah jauh dengan bangsa lain. Terbukti dengan banyaknya peserta dari Indonesia yang mendapatkan prestasi di ajang ini.
Selanjutnya
Halaman
1 2