detikNews
Selasa 03 Desember 2019, 13:57 WIB

Ngeri! King Cobra Masuk ke Rumah-rumah Warga di Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Ngeri! King Cobra Masuk ke Rumah-rumah Warga di Klaten Ular kobra yang ditangkap di perkampungan di Klaten (Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten - Warga Desa Glagahwangi, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jateng, diresahkan ular king cobra yang masuk perkampungan mereka. Meskipun belum ada laporan serangan atau gigitan, ular-ular itu diketahui masuk ke rumah-rumah warga.

"Ada dua ekor yang berhasil ditangkap. Semua ular king cobra yang masih kecil seukuran jempol jari," ungkap Priyanto, warga RT 1 RW 1 Dusun Glagah Kidul, Glagahwangi, saat ditemui detikcom di rumahnya, Selasa (3/12/2019).

Dua ekor ular king cobra itu, menurut Priyanto, ditemukan Senin (2/12) sore dan malamnya. Ular pertama ditemukan saat hendak masuk rumah warga bernama Ragil.

Sekitar pukul 15.00 WIB ular dengan garis kuning di leher itu terlihat di lantai teras dan ditangkap Ragil dan kemudian dimasukkan botol. Ular yang kedua ditemukan sekitar pukul 20.00 WIB.
Ngeri! King Cobra Masuk ke Rumah-rumah Warga di KlatenUlar kobra yang ditangkap di perkampungan di Klaten. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)

Ular yang kedua masuk ke rumah Bejo yang berseberangan dengan rumah Ragil. Pemilik rumah kaget sebab di ruang tamu ada ular king kobra. Ular yang kedua juga diamankan Ragil dan dimasukkan botol.

"Saya yakin ada lainnya sebab yang keluar baru kecil-kecil," tambah Priyanto.

Kampungnya, lanjut Priyanto, memang dekat sawah tetapi tidak ada tebingnya. Namun ada rumpun bambu lebar di sebelah timur rumah penduduk.

Selain di RT 1, temuan ular kobra masuk kampung ditemukan di RT 6 Desa Glagahwangi. Ular kobra yang masih kecil seukuran jari jempol masuk ke rumah Kaur Pembangunan, Purwanto, Selasa (3/12) pagi.

"Awalnya saya buka pintu. Ular mau masuk dikejar kucing," kata Purwanto ditemui di kantor desa.

Ular kobra itu diduga awalnya bersembunyi di semak depan rumahnya. Ular tersebut dibunuh saat masuk rumah karena dikhawatirkan menggigit penghuni rumah.


Ngeri! King Cobra Masuk ke Rumah-rumah Warga di Klaten(Foto: Achmad Syauqi/detikcom)

Sejauh ini, untuk 'memagari' kampung dan pemukiman dari datangnya ular-ular lainnya, warga setempat menebarkan garam ke sekitar rumah. "Untuk sementara hanya ditaburi garam. Belum pakai belerang," kata Purwanto.

Warga mempercayai jika ular mencium aroma garam, ular akan menjauh dan tidak akan kembali datang.


Ngeri! King Cobra Masuk ke Rumah-rumah Warga di Klaten

(mbr/mbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com