detikNews
2019/12/03 08:40:22 WIB

Round-Up

Anda Takkan Lagi Bisa Bertemu Pak Camat dan Pak Kades di Seluruh DIY

Usman Hadi - detikNews
Halaman 2 dari 3
Anda Takkan Lagi Bisa Bertemu Pak Camat dan Pak Kades di Seluruh DIY Tugu ikon Yogyakarta (Ristu Hanafi/detikcom)

Sama seperti di tingkat kecamatan, jabatan di pemerintahan tingkat desa juga akan berubah. Di antaranya urusan keuangan menjadi danarta, urusan tata usaha dan umum menjadi tata laksana, urusan perencanaan menjadi pangripta.

"Untuk (sie) pemerintahan menjadi jagabaya, kemudian sie kesra (kesejahteraan) itu akan menjadi ulu-ulu dan sebutan yang mentereng sekarang adalah kamituwa untuk sie pelayanan," paparnya.


Menurut Beny, perubahan nomenklatur kelembagaan kecamatan dan desa di DIY ini berkaitan erat dengan urusan keistimewaan. Karena itu, kedua lembaga itu juga akan bertanggung jawab untuk menyukseskan urusan keistimewaan.

Menurut Beny, nomenklatur itu disesuaikan lagi dengan penamaan sebelum lembaga-lembaga sebelum era kemerdekaan. "Jadi sejak masa itu kita menggunakan nomenklatur itu, walaupun beberapa (nomenklatur itu) ada penyesuaian tadi. Supaya apa? Agar kekiniannya bisa kita tangkap," ujarnya.


Namun dipastikan tidak akan ada perubahan pada dokumen KTP. Hal yang mungkin berubah adalah penyusunan dokumen di desa dan kecamatan. "Kalau desa menjadi kalurahan seterusnya ke (pemerintahan di bawahnya dituangkan) menjadi administrasi, otomatis publik juga akan menyesuaikan," paparnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com