Ruang Kelas SD di Banjarnegara Retak dan Berlubang Akibat Tanah Gerak

Uje Hartono - detikNews
Senin, 02 Des 2019 15:23 WIB
Dua ruang kelas di SD Suwidak, Kecamatan Wanayasa, Banjarnegara, rusak akibat tanah bergerak, Senin (2/12/2019). Foto: Uje Hartono/detikcom

Sayangnya, ruang perpustakaan juga tidak sepenuhnya aman. Sebab, selain atap jebol, tembok juga miring akibat tanah gerak di sekitar bangunan SD tersebut.

"Untuk mengantisipasi, bangku siswa dijauhkan dari tembok yang miring. Jadi kegiatan belajar mengajar tetap bisa berjalan meski di antara buku-buku perpustakaan dan kondisi ruang tembok yang miring," kata Rizal.


Tanah Gerak, Ruang Kelas SD di Banjarnegara Rusak ParahRuang perpustakaan yang menjadi kelas sementara bagi para siswa, Senin (2/12/2019). Foto: Uje Hartono/detikcom

Namun demikian, saat hujan turun siswa di SD Suwidak terpaksa dipulangkan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya dampak tanah gerak yang lebih parah.

"Sesuai instruksi dari korwil, kalau hujan anak-anak dipulangkan. Karena memang berbahaya, tanah di sini terus bergerak saat hujan," tuturnya.


Salah satu siswa kelas 4 SD Suwidak, Risma Amelia, mengaku takut saat berada di dalam kelas. Ia berharap agar bangunan sekolah bisa segera diperbaiki.

"Tidak begitu fokus belajar, karena takut. Harapannya bisa segera diperbaiki," kata dia.

Jumlah siswa di SD Suwidak adalah 122 anak. Sedangkan kelas 4 ada 17 anak dan kelas 5 sebanyak 20 anak.

Halaman

(rih/rih)