Limbah Beracun Cemari Pekarangan di Brebes, DLH Temukan Segel Perusahaan

Imam Suripto - detikNews
Senin, 02 Des 2019 13:17 WIB
Limbah cair beracun kategori B3 dibuang di pekarangan warga di Brebes, Senin (2/12/2019). Foto: Imam Suripto/detikcom

Temuan limbah cair yang dibuang di pekarangan warga langsung ditindaklanjuti petugas terkait. Saat mendatangi lokasi, petugas menemukan sebuah segel warna merah dengan tulisan PT Rayon Utama Makmur dan nomor 1803425.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes, Edi Kusmartono, saat dikonfirmasi membenarkan masalah limbah tersebut. Sebagai tindak lanjut laporan warga, pihaknya telah mengambil sampel cairan limbah dan tanah untuk diteliti lebih lanjut.


Limbah Kimia Berbahaya Dibuang Sembarangan di Brebes, Segel PT. RUM Ditemukan di LokasiSegel PT Rayon Utama Makmur yang ditemukan pada limbah yang dibuang di pekarangan warga di Brebes, Senin (2/12/2019). Foto: Imam Suripto/detikcom

"Kami juga menemukan segel yang bertuliskan PT RUM di TKP. Segel ini bisa jadi petunjuk untuk mengungkap pihak-pihak yang bertanggung jawab yang telah membuang limbah di wilayah kami," ungkap Edi saat ditemui di kantornya.

Menurut dia, limbah yang ditemukan di Desa Kutamendala ini masuk kategori B3. Dari pengecekan di lapangan, lahan warga yang terpapar seluas 200 meter persegi.


Edi menambahkan, limbah itu harus mendapatkan perlakuan khusus karena sangat berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia.

"Itu masuk limbah B3. Tidak boleh dibuang begitu saja. Apalagi di pekarangan dan dekat sungai," jelasnya.

Pelaku pembuangan limbah, lanjutnya, juga dapat dijerat dengan Undang-Undang No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan PP 101 tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah B3. Pelaku bisa dikenai hukuman badan dan denda.

Halaman

(rih/rih)