Landasan Pacu Bandara Yogya Terkelupas, 6 Penerbangan Dialihkan

Usman Hadi - detikNews
Jumat, 29 Nov 2019 10:53 WIB
Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Yogyakarta - Penutupan landasan untuk kepentingan perawatan (overlay) mengakibatkan operasional Bandara Internasional Adisutjipto sempat dihentikan sementara. Kini proses perbaikan disebut telah selesai.

"Ya jadi kita ini kan baru malam pertama melaksanakan overlay namanya, perawatan lah," ujar GM PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama, Jumat (29/11/2019).

"Nah, tadi pagi terjadi ada pengelupasan (landasan) sehingga langsung kita close (aktivitas penerbangan), karena inikan harus segera kita perbaiki," lanjutnya.


Akibat pengelupasan landasan, kata Pandu, setidaknya ada enam aktivitas penebangan dengan tujuan Adisutjipto yang harus divert, atau pengalihan pendaratan ke bandara yang bukan tujuan.

"Yang terdampak memang sih ada ya pesawat sekitar enam kalau tidak salah, yang divert ke Surabaya dua, ke Solo empat," paparnya.

Tak hanya menyebabkan divert, pengelupasan landasan itu juga menyebabkan sejumlah pesawat yang sedianya terbang dari Adisutjipto delay. Di antara yang delay ialah pesawat yang ditumpangi Mahfud Md.

"Iya kelihatannya mungkin ya, (pesawat yang ditumpangi) Pak Mahfud mungkin (delay) ya. Saya nggak monitor ininya sih, pesengger-nya," sebutnya.

Pandu menuturkan kini perbaikan landasan yang mengelupas sudah dilaksanakan petugas Adisutjipto. Sejumlah pesawat yang delay maupun divert sudah mulai kembali beroperasi.

"Ini (perbaikan landasan) sudah selesai, sebentar lagi. Cuma kan soal aspal itu kan harus nunggu pendinginan ya," jelasnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2