Round-Up

Saat Tawon Vespa Meneror Warga di Kawasan Tengah Pulau Jawa

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Nov 2019 09:42 WIB
Sarang dari tawon Vespa yang menyerang pasutri di Pemalang. (Robby Bernardi/detikcom)

Pemkab Pemalang mencatat ada sembilan korban meninggal sejak 2018. "Korban warga meninggal ada sembilan orang akibat sengatan tawon yang sama (tawon Vespa)," kata Korlap Damkar Pemalang Sonhaji.



Tawon Vespa juga merebak di Kabupaten Sukoharjo yang berbatasan dengan Klaten. "Di Sukoharjo sebenarnya juga cukup banyak. Tahun ini sudah ada 400 titik kami musnahkan," Kabid Damkar Satpol PP Sukoharjo Margono sembari menambahkan masih ada beberapa laporan yang antre untuk dieksekusi.

Di Bantul, DIY, sepanjang tahun ini BPBD setempat telah melakukan operasi tangkap tawon (OTT) di 203 titik. Kepala Pelaksana BPBD Bantul Dwi Daryanto mengatakan OTT adalah layanan tambahan dari BPBD kepada masyarakat dan sudah bergulir 2 tahun dengan sistem merespons aduan warga akan adanya sarang tawon.


Koloni tawon Vespa juga mulai merambah Colomadu, daerah di Kabupaten Karanganyar yang berdekatan dengan Klaten. Sudah lumayan banyak merebak di Colomadu, tapi memang nggak sebanyak di Klaten. Tapi menyebar di sejumlah daerah di sekitar Klaten," kata anggota relawan Tebas, Himawan Agung Hartanto.