Masuki Era 4.0, Wapres Ma'ruf: NU Melakukan Transformasi Kreatif

Pradito Rida Pertana - detikNews
Minggu, 24 Nov 2019 23:55 WIB
Wapres Ma'ruf Amin pada acara Maulud Nabi di Yogyakarta. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta - Wapres, KH Ma'ruf Amin, menyebut pada era 4.0 ini semua harus berubah ke arah yang lebih baik. Namun, ia mengajak masyarakat untuk menjaga hal yang lama sembari mengambil hal-hal baru untuk mengarungi era 4.0 saat ini.

Sekarang, kata Wapres, Indonesia sedang melakukan perubahan untuk menuju Indonesia maju. Dia menyontohkan, di dunia ilmu pengetahuan, terjadi perubahan luar biasa disebut zaman 4.0. Kecenderungan era tersebut adalah membalikkan hal yang lama dan menggantinya dengan hal yang baru.

"Ini yang harus diwaspadai oleh kita, karena NU itu punya pedoman, yakni menjaga, memelihara yang lama, yang baik. Barang lama yang baik jangan dihabisi tapi dijaga, menjaga tradisi," kata Ma'ruf dalam sambutan dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW di kediaman Habib Hilal Alaidid, Jalan Dongkelan, Mantrijeron, Yogyakarta, Minggu (24/11/2019) malam..

"Oleh karena itu, kecenderungan perubahan yang terjadi sekarang mendisrupsi, menghabisi apa yang lama itu harus kita tangkal, jangan sampai yang lama itu, yang baik-baik itu hilang," imbuh Ma'ruf.

Ma'ruf menyebut NU tidak menolak era tersebut. Dia mengatakan, bahwa NU melakukan transformasi, yakni mengambil yang baru, yang lebih baik.

"Kita juga menerima perubahan itu, ya, melakukan transformasi, mana yang baik dari yang luar kita ambil, dijaga yang lama yang baik, mengambil yang baru yang lebih baik, itu kita diwarisi pedoman," ujarnya.

"Tapi menurut saya tidak cukup itu. Kita harus melakukan inovasi, perbaikan-perbaikan sendiri, bukan hanya mengambil, mentransformasi, tapi juga melakukan inovasi. Jadi yang lama dijaga, yang baru diambil, kita transformasi, tapi kita sendiri lakukan perbaikan, inovasi-inovasi," imbuh Ma'ruf Amin. (mbr/mbr)