detikNews
Kamis 21 November 2019, 14:01 WIB

Ahli Bangunan Dilibatkan Selidiki Aula SMKN 1 Miri Sragen yang Roboh

Andika Tarmy - detikNews
Ahli Bangunan Dilibatkan Selidiki Aula SMKN 1 Miri Sragen yang Roboh Reruntuk aula SMKN 1 Miri yang roboh. (Foto: Andika Tarmy/detikcom)
Sragen - Aula SMK Negeri 1 Miri, Sragen, roboh akibat angin kencang Rabu kemarin, menimpa 22 siswa. Dinas Pendidikan Provinsi Jateng melibatkan ahli bangunan untuk menyelidiki kejadian tersebut.

"Secara teknis akan kita evaluasi. Kita akan libatkan ahli bangunan untuk melihat apakah kejadian ini murni karena musibah atau ada faktor (kesalahan) kontruksi," ujar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Jumeri, kepada wartawan di lokasi kejadian, Kamis (21/11/2019).


Jumeri mengatakan sejauh ini belum ada rencana memanggil pelaksana proyek pembangunan aula yang baru dibangun tahun 2015 tersebut. Alasannya gedung tersebut bukan dibangun oleh Dinas Pendidikan, namun oleh pihak komite sekolah.

"Gedung ini dibangun komite sekolah ya. Tapi kita lihat memungkinannya nanti (memanggil pelaksana proyek). Saat ini tim dari Provinsi, BPBD juga sedang meluncur untuk mengkaji. Termasuk akan bisa dibangun ulang atau tidak nanti, itu kita kaji," lanjutnya.

Lebih lanjut, Jumeri mengatakan telah memerintahkan para kepala cabang dinas untuk mengecek lagi kondisi sekolah di wilayahnya, terutama bangunan SLB, SMA dan SMK yang menjadi tanggung jawab proyek.


Dia juga mewajibkan kepada para kepala sekolah untuk aktif melaporkan kondisi gedung-gedung sekolah agar kejadian bangunan sekolah roboh seperti di Pasuruan maupun di Sragen itu tidak terulang.

"Kita tidak menutup mata bahwa ada bangunan sekolah kita yang kualitasnya kurang memadai. Mungkin saat itu anggarannya mepet sehingga bangunannya juga seadanya. Ini yang harus dipantau dan dilaporkan kondisinya," lanjut Jumeri.




Diterjang Hujan Angin, Aula SMK di Sragen Ambruk Timpa Puluhan Siswa!:

[Gambas:Video 20detik]




(mbr/mbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com