Ada Penyambungan Pipa, Layanan Air PDAM di Sebagian Solo Akan Terganggu

Ada Penyambungan Pipa, Layanan Air PDAM di Sebagian Solo Akan Terganggu

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 10:20 WIB
Proses pemotongan pipa jaringan transmisi air bersih PDAM Surakarta di Purwosari. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Proses pemotongan pipa jaringan transmisi air bersih PDAM Surakarta di Purwosari. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Perumda Air Minum (PDAM) Toya Wening Surakarta bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Surakarta melakukan penyambungan pipa transmisi air bersih di kawasan Purwosari. Akibatnya, layanan air bersih di kawasan Purwosari hingga Gladag akan terganggu.

Adapun penyambungan pipa transmisi air bersih dilakukan terkait rencana pemerintah bangun jalan layang di perlintasan sebidang Purwosari. Tiang pancang jalan layang dipastikan akan mengenai pipa air bersih, sehingga perlu digeser.

Direktur Teknik PDAM Surakarta, Tri Atmojo, mengatakan telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait proyek tersebut. Selama proyek berjalan, air bersih ke timur dialihkan ke utara dan selatan Purwosari.

"Kami sudah sosialisasikan kepada masyarakat, juga melalui radio, media agar masyarakat siap. Karena sepanjang Purwosari-Gladag ini akan mengalami gangguan layanan air bersih," kata Tri saat ditemui di Purwosari, Kamis (21/11/2019).

Jika lancar, Tri memperkirakan proyek pemotongan dan penyambungan pipa ini dapat selesai pukul 20.00 WIB nanti. Namun gangguan kemungkinan akan dirasakan hingga besok. Meski demikian, Tri memastikan layanan air bersih tidak akan mati total.


"Ini kan semua jaringan terkoneksi. Artinya air yang kita alihkan ke utara dan selatan nanti akan memutar dan membalik ke Purwosari karena kosong. Air balikan ini masih bisa dimanfaatkan," katanya.

Pengerjaan dimulai dari depan SMA Batik 1 Surakarta yang berada di tengah Jalan Slamet Riyadi. Pipa lama dipotong dan disambungkan ke jaringan baru.


Pantauan detikcom pukul 10.00 WIB, lalu lintas di lokasi tersebut agak tersendat. Sebab titik tersebut tak jauh dari lampu merah.

Setelah pipa di lokasi itu tersambung, petugas akan berpindah ke lokasi kedua, yakni depan kantor PLN Surakarta. Petugas akan melakukan kegiatan serupa. (bai/sip)