detikNews
Selasa 19 November 2019, 20:04 WIB

Golkar DIY Goyang, AMPG Tuntut Ketua DPD Haryadi Suyuti Lengser

Pradito Rida Pertana - detikNews
Golkar DIY Goyang, AMPG Tuntut Ketua DPD Haryadi Suyuti Lengser Empat Pimpinan Daerah Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) saat jumpa pers di kantor DPD Golkar Kulon Progo, Selasa (19/11/2019). (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Kulon Progo - Pimpinan Daerah (PD) Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Kabupaten Sleman, Bantul, Kulon Progo, dan Gunungkidul meminta DPP Golkar segera menggelar musyawarah daerah luar biasa (musdalub). Mereka menuntut Ketua DPD Golkar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Haryadi Suyuti lengser dari jabatannya.

Ketua PD AMPG Sleman Ihwan Setiawan mengatakan ia dan tiga ketua PD AMPG lainnya mendukung langkah DPD Golkar Sleman, Bantul, Kulon Progo, dan Gunungkidul yang telah mengeluarkan mosi tidak percaya kepada Haryadi Suyuti. Menurutnya, pengajuan mosi ke DPP Golkar adalah langkah untuk mengembalikan kejayaan Partai Golkar DIY.

"Karena itu, kami mohon kepada DPP Partai Golkar untuk secepatnya memberhentikan Ketua DPD Partai Golkar DIY dan segera menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Partai Golkar DIY melalui musdalub," katanya saat jumpa pers di kantor DPD Golkar Kulon Progo, Selasa (19/11/2019).


Selain itu, hal tersebut untuk menghindari perpecahan dan ketidakstabilan politik di tubuh Golkar DIY. Terlebih, berkaca dari hasil Pemilu 2019, kursi Golkar di DPRD DIY turun, dan itu bertolak belakang dengan janji Ketua DPD terpilih saat bertemu Ketua Umum dan fungsionaris Golkar DIY.

"Selain itu, kami melihat Ketua DPD (Golkar DIY) tidak melakukan strategi dalam pemenangan dalam pilkada serentak tahun depan. Terus ikut diperiksanya Ketua DPD dalam perkara dugaan korupsi saluran air hujan (Kota Yogya) juga jadi keprihatinan tersendiri bagi kader, karena nama Golkar akan dipertaruhkan," katanya.


Senada dengan Ihwan, Ketua PD AMPG Kulon Progo Hasan Syaifulloh meminta DPP Golkar segera merespons mosi tidak percaya yang dilayangkan empat DPD Golkar di DIY. Ia juga berharap agar sebelum munas telah ada penunjukan Plt Ketua DPD Golkar DIY.

"Semoga DPP (Golkar) segera merespons permasalahan yang dihadapi Partai Golkar DIY, dan kalau bisa sebelum munas digelar sudah ada Plt Ketua DPD (Golkar DIY)," ujarnya.
(rih/rih)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com