detikNews
2019/11/19 18:30:31 WIB

Besok Ganjar Umumkan UMK di Jawa Tengah

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Halaman 1 dari 2
Besok Ganjar Umumkan UMK di Jawa Tengah Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan upah minimum kabupaten/kota 2020 di Jawa Tengah sudah sesuai dengan kebutuhan hidup layak (KHL). Pada Rabu (20/11/2019), UMK direncanakan akan diumumkan.

Hari ini Ganjar berkonsultasi dengan Ketua DPRD Jawa Tengah Bambang Kusriyanto soal UMK. Saat ini pihaknya sudah siap karena seluruh bupati dan wali kota sudah mengirim usulan UMK.

"Sebelum memutuskan ini, kami juga sudah komunikasi dengan Jawa Timur bagaimana pelaksanaan di sana. Apakah upah yang diberikan cukup efektif. Seluruh bupati/wali kota sudah mengirim rekomendasi kepada kita berpedoman PP yang ada. Malam ini saya teken dan besok kita siap rilis," kata Ganjar, Selasa (19/11/2019).

Ia menjelaskan besaran UMK sudah sesuai dengan survei KHL di masing-masing daerah.



"Sebanyak 35 kabupaten/kota sudah clear. Ada beberapa (anggota Dewan Pengupahan) yang sedikit tidak persis, namun semua sepakat. Kita ikuti satu per satu dinamika saat pembahasan dan kita sudah siap menuju pengesahan. Semua sudah KHL. Dari utang-utang KHL tahun lalu sudah terpenuhi semua," pungkasnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com