detikNews
Senin 18 November 2019, 19:52 WIB

Gagal Buat Akun, Pelamar CPNS di Kudus Datangi Disdukcapil

Akrom Hazami - detikNews
Gagal Buat Akun, Pelamar CPNS di Kudus Datangi Disdukcapil Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Calon pelamar CPNS di Kabupaten Kudus mengalami masalah pada tahap awal pembuatan akun di situs BKN gagal masuk. Hal itu dikarenakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP Elektronik (e-KTP) dan Kartu Keluarga (KK) tidak cocok. NIK dan KK dipakai untuk mengakses akun pendaftar CPNS.

Kasus itu dikeluhkan sejumlah pelamar CPNS yang mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus di Kompleks Pemkab Kudus, Jalan Simpang Tujuh, Senin (11/11/2019).

"Ini mau ngurus NIK dan KK, buat pendaftaran CPNS. Error, makanya ini kemari, lapor ke Help Desk," kata seorang warga yang berniat melakukan pendaftaran CPNS Kudus, ditemui di halaman kantor Disdcukapil.

Plt Kepala Disdukcapil Kudus, Eko Hari Djatmiko, pihaknya memang membuka bilik layanan pengaduan NIK dan KK yang disebut Help Desk.

"Layanan ini dibuka karena adanya masalah sinkronisasi NIK dan KK dalam pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019," kata Eko di kantornya.

"Kami sebenarnya sudah menerbitkan NIK, tapi kadang di pusat belum update NIK baru. Jadi, belum bisa diakses," tambah Eko.

Menurutnya soal NIK dan KK, sekitar 50 warga sudah memanfaatkan dan mendatangi kantor Disdukcapil Kudus.

"Sekitar 50 orang itu akan mendaftar CPNS. Terkait NIK, dalam 1X24 jam sudah bisa diakses NIK0nya, kalau nanti tidak bisa di situs CPNS, ada hallo dukcapil langsung pusat," ungkapnya memberikan solusi.


(bgs/bgs)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com