detikNews
2019/11/17 13:29:21 WIB

Penjelasan Lengkap BPPTKG tentang Letusan Gunung Merapi Siang Ini

Pradito Rida Pertana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Penjelasan Lengkap BPPTKG tentang Letusan Gunung Merapi Siang Ini Penampakan Gunung Merapi pada Minggu (17/11) pukul 11.04 WIB. Foto: Dok Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan
Yogyakarta - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebut awan panas letusan (APL) Gunung Merapi tadi siang karena akumulasi gas. Selain itu, aktivitas serupa kemungkinan masih akan terjadi lagi tapi tidak akan berukuran besar.

"Ya, itu, kita sampaikan bahwa itu adalah...ya itu letusan, ya seperti kemarin. Sekarang karakter (Gunung) Merapi seperti itu, jadi ada awan panas letusan seperti itu," kata Kepala BPPTKG, Hanik Humaida saat dihubungi wartawan, Minggu (17/11/2019) siang.

Lanjut Hanik, APL kali ini terjadi karena adanya sumbatan lava yang berujung pada akumulasi gas pada kubah Gunung Merapi. Menurutnya, hal serupa juga menjadi penyebab terjadinya APL pada bulan Oktober.


"Sama, masih gas, itu kan gini, kemarin setelah tanggal 22 (September) terus kemudian tanggal 9 Oktober. Nah, tanggal 30 Oktober itu kan kita ngedrone (pemantauan dari udara menggunakan drone), ternyata di tengah, yang sudah kami infokan itu kan ada sumbatan lava," katanya.

"Itu artinya bahwa sumbatan lava itu yang salah satu penyebabnya adalah karena adanya gas, kan sebagian terakumulasi dan letusan tanggal 9 (Oktober). Kemarin ada lagi kenaikan aktivitas, kenaikan aktivitas dalam artian MPnya kan banyak tuh kemarin, MP sama vulkanik dalamnya. Yang dari dalam menuju ke permukaan menjadi sumbatan lagi yang sekarang terjadi letusan yang sekarang ini," sambung Hanik.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com