Tips Jadi Pengusaha, Putri Tanjung: Jadikan Cibiran Sebagai Motivasi

Pradito Rida Pertana - detikNews
Sabtu, 16 Nov 2019 17:23 WIB
Acara Creativepreneur Corner Special Edition, di The Alana Hotel, Sleman, DIY, Sabtu (16/11/2019). Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Menurut Putri, salah satu kunci kesuksesan dari usaha yang dirintis adalah mengikuti proses yang berjalan. Karena tidak ada usaha yang akan sukses secara instan.

"Semua itu tidak mulus, butuh proses, semua itu butuh proses, jadi kalau yang usahanya gagal jangan takut karena pasti akan mengalami kegagalan terlebih dahulu. Jadi aku bikin Creativepreneur Corner membutuhkan proses, proses yang sangat panjang," katanya.

"Pernah rugi? Pernah mogok bikin event? Pernah. Tapi gimana caranya bangkit lagi, adalah dengan kembali lagi ke tujuan awalnya. Jadi sebenarnya yang paling penting itu adalah punya dorongannya punya triggernya gitu, dan kita seneng banget, karena kita mendapat energi yang sangat luar biasa setiap bikin acara Creativepreneur Corner dan kedua gue punya tim yang luar biasa," imbuh Putri.


Selain itu, ia menyebut usia bukanlah halangan untuk merintis usaha melainkan bagaimana melihat peluang memanfaatkan peluang tersebut menjadi sebuah usaha. Seperti halnya melihat sebuah masalah menjadi sebuah peluang, dan mewujudkan solusi tersebut menjadi sebuah rintisan usaha.

"Karena pengusaha itu adalah orang yang bisa melihat peluang dan menciptakan peluang. Dan kunci yang paling penting adalah bagaimana anak muda punya enterpreneur mindset, seperti kreativitas berani berinovasi dan yang paling penting adalah kolaborasi, jangan sampai kompetisi menghalangi kolaborasi," ucapnya.


Putri menambahkan, bahwa semua orang memiliki racikan suksesnya sendiri. Ia mengaku bahwa saat masih kecil ingin meniru semua cara yang dilakukan ayahnya dalam memulai usaha, namun tidak bisa, karena ia merasa berbeda dengan cara yang ayahnya gunakan.

"Tapi gue banyak benget belajar dari bokap gue, dan senengnya adalah dari membuat Creativepreneur Corner bisa belajar banget dari pengusaha-pengusaha yang sangat luar biasa. Jadi bisa mengambil resep-resep mereka habis itu gue racik sendiri," ucapnya.

"Jadi, semuanya punya racikan sukses atau punya caranya masing-masing untuk bisa menjadi pengusaha atau meraih kesuksesan," imbuh Putri.
Halaman

(rih/rih)