Ini Saran LIPI untuk Atasi Teror Tawon di Klaten

Ini Saran LIPI untuk Atasi Teror Tawon di Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 15 Nov 2019 18:04 WIB
Foto: Istimewa/detikcom
Foto: Istimewa/detikcom
Klaten - Tewasnya 2 warga Kabupaten Klaten akibat sengatan tawon Vespa Affinis membuat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) angkat bicara. LIPI menyarankan agar tawon ditangani secara komprehensif.

"Monggo, ini ditangani secara komprehensif. Sebab jika sumber masalah tidak diselesaikan bersama, ya akan muncul korban terus," kata Hari Nugroho, penelitian pada Pusat Penelitian Biologi LIPI pada detikcom, Jumat (15/11/2019) siang.

Hari mengatakan ternyata sejak muncul di akhir 2016, tawon Vespa belum terkendali. Masalah pengendalian belum selesai sebab terbukti di 2019 masih jatuh korban lagi.

Padahal selama tiga tahun terakhir, regu pemadam kebakaran Pemkab dan relawan tawon sudah habis-habisan menangani. Namun nyatanya belum ada perubahan.

Untuk itu, lanjut Hari, perlu dikaji kebutuhan penanganan tawon yang lebih terpadu. Meskipun pemerintah bahkan lembaga dunia turun memberikan perhatian tapi jika tidak terpadu akan sulit diselesaikan.

"Meski kami dan ahli WHO sudah datang memberikan materi tapi kalau tidak semua bergerak akan percuma," tambahnya.

Hari mencontohkan, tawon Vespa bisa hidup dengan makan serangga dan bangkai di sampah warga. Jika sampah tidak ditangani secara benar, tawon akan enjoy berkembang biak.
Selanjutnya
Halaman
1 2