detikNews
2019/11/14 23:25:49 WIB

Revitalisasi PG Mojo Sragen Ditargetkan 5 Tahun Swasembada

Andika Tarmy - detikNews
Halaman 1 dari 2
Revitalisasi PG Mojo Sragen Ditargetkan 5 Tahun Swasembada Foto: Andika Tarmy/detikcom
Sragen - Komisi VI DPR RI melakukan pemantauan revitalisasi Pabrik Gula Mojo Sragen, Kamis (14/11/2019). Revitalisasi pabrik gula secara bertahap dilakukan, guna memastikan target swasembada gula tercapai dalam 5 tahun mendatang.

Rombongan dipimpin Wakil Ketua Komisi VI, Aria Bima, yang langsung menggelar rapat dengan sejumlah direksi PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX.

"Revitalisasi PG Mojo ini merupakan pilot project yang menyedot dana Rp 225 miliar. Kita habis mapping, bisa nggak kita revitalisasi tanpa harus mengganti 100 persen mesinnya. Ini tidak lepas dari bagaimana kita menyiapkan fondasi agar 5 tahun ke depan kita bisa swasembada pangan, termasuk gula," ujar Aria Bima, kepada wartawan di sela-sela kunjungan.

Dalam rapat bersama direksi PTPN IX, lanjut Aria, disampaikan ada sekitar 46 pabrik gula di Indonesia, yang dikelola oleh PTPN dengan produksi gula nasional hampir 1,4 juta ton dari total kebutuhan 3 juta ton.

"Dengan produksi pabrik gula swasta hampir 1 juta ton. Defisit kita masih 600 ribu ton per tahun. Ini untuk gula konsumsi saja, belum gula produksi. Maka untuk lima tahun ke depan ini agar terwujud swasembada, 46 pabrik gula tadi kita revitalisasi secara bertahap supaya target capaiannya itu bisa maksimal," terang politikus PDI Perjuangan ini.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com