detikNews
2019/11/13 19:29:34 WIB

Seorang Nenek di Klaten Tewas Usai Disengat Tawon Vespa

Achmad Syauqi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Seorang Nenek di Klaten Tewas Usai Disengat Tawon Vespa Sarang tawon Vespa affinis yang berada di dekat rumah korban, di Desa Sembung, Kecamatan Wedi, Klaten, Rabu (13/11/2019). Foto: Istimewa
Klaten - Maraknya koloni tawon atau lebah jenis Vespa affinis atau tawon Ndhas di Kabupaten Klaten sejak sebulan terakhir mulai memakan korban jiwa. Lanjar (62), seorang nenek warga Dusun Tegalyoso, Desa Sembung, Kecamatan Wedi, tidak tertolong setelah disengat puluhan ekor tawon Vespa saat mencari pakan ternak kambing di samping rumah.

"Korban saat mencari pakan ternak tidak tahu jika ada sarang tawon. Mungkin sarang tersenggol," kata Kepala Desa Sembung, Sunarto, kepada detikcom, Rabu (13/11/2019).


Sunarto menuturkan korban mencari pakan ternak pada Selasa (12/11/2019) sekitar pukul 17.00 WIB di kebun samping rumah. Saat sedang memangkas pohon dengan galah, diduga menyenggol sarang.

Sontak puluhan ekor tawon Vespa menyerangnya. Korban mengalami luka sengatan cukup banyak di bagian leher. Setelah mendapat serangan, korban langsung pulang. Merasa badannya tidak enak, korban kemudian diperiksakan oleh keluarga.

"Cuma diperiksa oleh mantri. Jadi tidak sempat ke rumah sakit," jelasnya.

Setelah semalam kondisi kesehatan terus memburuk, sampai akhirnya korban meninggal dunia. Almarhumah dimakamkan siang tadi.


Sarang tawon Vespa, lanjut Sunarto, masih dibiarkan di lokasi menempel di dahan pohon. Warga tidak berani mengusik sarang tawon yang ada garis kuning di punggungnya itu.

Kejadian itu sudah dilaporkan ke markas pemadam kebakaran Pemkab Klaten. Warga berharap segera ditangani sebab membuat khawatir warga.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com