detikNews
Rabu 13 November 2019, 18:36 WIB

Pasca Bom di Medan, Polda DIY Perketat Pengamanan di Seluruh Mako

Usman Hadi - detikNews
Pasca Bom di Medan, Polda DIY Perketat Pengamanan di Seluruh Mako Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto, Rabu (13/11/2019). Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Jajaran Polda DIY memperketat pengamanan markas komando (mako) pascabom bunuh diri di Polrestabes Medan. Pengetatan pengamanan itu dilakukan di seluruh mako kepolisian di DIY, termasuk di tingkat mapolsek.

"Ya (pengetatan keamanan) semuanya, semuanya (termasuk di tingkat mapolsek). Artinya SOP-nya itu kan berlaku di setiap mako kantor polisi," jelas Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto kepada wartawan, Rabu (13/11/2019).


Yuliyanto pun meminta maaf kepada masyarakat Yogyakarta apabila terganggu dengan pengetatan pengamanan yang dilakukan polisi. Ia pun meminta masyarakat memaklumi jika ada pemeriksaan yang mendetail.

"Saya minta maaf kepada masyarakat Yogya jika mungkin ada keperluan di kantor polisi akan dilaksanakan pemeriksaan yang mungkin agak lebih mendetail ya mohon memaklumi. Karena SOP-nya kan apa yang dibawa diperiksa (aparat) ya," tuturnya.

Selain memperketat pengamanan mako polisi, tutur Yuliyanto, Polda juga akan meningkatkan patroli di wilayah DIY. Patroli itu dimaksudkan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang sedang berkegiatan di luar ruangan.

"Kita mendorong petugas-petugas patroli untuk menambah frekuensi patrolinya. Jadi disampaikan (kepada petugas patroli) untuk menambah frekuensi patrolinya, (untuk) digiatkan kembali," ungkapnya.


Sementara pengamanan yang dilakukan Polda DIY, menurut Yuliyanto selama ini telah memenuhi standar, baik itu pengamanan di mapolda maupun di tingkat mapolsek. Yuliyanto mengklaim pengamanan di jalanan juga sesuai standar.

"Misalnya pengaturan lalu lintas itu juga kita lakukan dengan body system, yang artinya mereka tidak boleh bergerak sendiri. Patroli juga dalam ikatan regu, kemudian ngatur di jalan juga paling tidak ada dua orang. Itu sudah ada SOP-nya," tutupnya.


(ush/rih)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com