Hujan Es dan Angin Kencang Landa Grobogan, Rumah Warga Roboh

Hujan Es dan Angin Kencang Landa Grobogan, Rumah Warga Roboh

Akrom Hazami - detikNews
Senin, 11 Nov 2019 20:21 WIB
Hujan es dan angin kencang melanda sejumlah desa di Grobogan, Senin (11/11/2019) sore. Foto: Istimewa
Hujan es dan angin kencang melanda sejumlah desa di Grobogan, Senin (11/11/2019) sore. Foto: Istimewa
Grobogan - Hujan es disertai angin kencang melanda sejumlah desa di Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Peristiwa itu berlangsung singkat, sekitar 5 menit.

"Hujan es terjadi kisaran lepas waktu Asar," kata warga Desa Kedungjati, Wahjoe Widijanto saat dikonfirmasi detikcom, Senin (11/11/2019).

Dari informasi yang diterimanya, hujan es dilaporkan terjadi di Dukuh Gunungwulan, Dukuh Krakalan, Dukuh Branggah, Desa Kentengsari, Desa Kedungjati dan Desa Ngombak.

"Sementara itu, untuk desa lain belum ada infonya," ujarnya.


Dia menerangkan, hujan lebat mengguyur wilayah tersebut sore tadi. Tiba-tiba di tengah hujan juga turun butiran es. Dia memperkirakan hujan es turun sekitar 5 menit.

"Itu hujan esnya kurang lebih 5 menit," ungkapnya.

Dari video yang dikirimkan Wahjoe, tampak hujan lebat mengguyur wilayah Kecamatan Kedungjati. Dalam video itu terdengar suara warga yang menyebutkan telah terjadi hujan es.

"Ya ampun seketika hujan es. Es e to (es nya itu) akeh (banyak) banget," kata orang dalam video sembari mengambil butiran es dari bawah teras rumah.

Hujan Es dan Angin Kencang Landa Grobogan, Rumah Warga RobohHujan es dan angin kencang melanda sejumlah desa di Grobogan, Senin (11/11/2019) sore. Foto: Istimewa

Menurut Wahjoe, hujan berlangsung sekitar 1 jam. Tidak hanya hujan es, di wilayahnya juga terjadi angin kencang. Angin kencang dilaporkan mengakibatkan sejumlah rumah rusak bahkan sampai ada yang roboh.

Informasi yang diperolehnya, ada bangunan pos kamling di Dukuh Krakalan dan bangunan warung milik warga roboh.

"Ada angin kencang juga, di Krakalan, Kedungjati. Mengakibatkan bangunan pos kamling di RT 2 RW 6. Termasuk juga bangunan warung di RT 2 RW 6," jelasnya.


Satu bangunan rumah juga ambruk di Dukuh Gunungwulan. "Rumah Mbah Bambang di RT 06 RW 10 Gunungwulan. Tidak ada korban jiwa karena tak berpenghuni," tambahnya.
Hujan Es dan Angin Kencang Landa Grobogan, Rumah Warga RobohHujan es dan angin kencang melanda sejumlah desa di Grobogan, Senin (11/11/2019) sore. Foto: Istimewa

Terpisah, Kepala BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih mengaku baru saja mendapatkan laporan adanya hujan es dan angin kencang.

"Iya (hujan es), di grup baru saja. Untuk angin kencang juga merobohkan pohon jati dan kedondong menimpa rumah warga RT 03 RW 4 Desa Padas, Kecamatan Kedungjati, milik Bapak Pujio. Tidak ada korban jiwa," ujar Endang saat dihubungi.

Endang menambahkan, pihaknya juga mendapatkan informasi rumah roboh akibat angin kencang di Dusun Peting, Desa Bandungsari, Kecamatan Ngaringan.


"Pada Senin 11 November 2019, sekira pukul 17.15 WIB telah terjadi bencana rumah roboh akibat angin kencang milik Sarto (40) di Dusun Peting RT 02 RW 10, Desa Bandungsari, Kecamatan Ngaringan," kata Endang.

"Rumah berbentuk limasan dari kayu jati yang merupakan rumah dagangan tidak berpenghuni. Tidak ada korban jiwa. Kerugian ditaksir sekitar Rp 30 juta," sambungnya.



Simak juga video "Kampus Universitas Sunan Giri Rusak Akibat Angin Kencang" :

[Gambas:Video 20detik]

(rih/rih)