detikNews
2019/11/08 16:52:59 WIB

PAN-PKS Siap 'Bajak' Purnomo Jika PDIP Pilih Gibran

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
PAN-PKS Siap Bajak Purnomo Jika PDIP Pilih Gibran Gibran Rakabuming bertemu dengan Achmad Purnomo saat melayat keluarga Keraton Solo, Jumat (1/11/2019). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Gibran Rakabuming Raka dan Achmad Purnomo berebut rekomendasi DPP PDIP untuk menjadi calon Wali Kota Surakarta. Jika rekomendasi jatuh ke Gibran, beberapa partai siap mengusung Purnomo yang kini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Surakarta.

Salah satu partai yang menyatakan minatnya kepada Purnomo ialah PAN. Secara historis, Purnomo dan PAN memang punya kedekatan. Dalam Pilwalkot 2005, PAN mengusung Purnomo-Istar sebagai pasangan calonnya.

"PAN siap saja mengusung Purnomo jika tidak dapat rekomendasi dari PDIP. Kami survei, sosok Purnomo ini punya elektabilitas tinggi, kami yakin bisa menang," kata Ketua DPD PAN Surakarta, Achmad Sapari, saat dihubungi detikcom, Jumat (8/11/2019).


Di luar PDIP, terdapat 15 kursi di DPRD Surakarta. PAN memiliki 3 kursi, sehingga butuh 6 kursi lagi untuk bisa mengusung calon.

"Tentu kami terus komunikasi dengan partai lain. Tinggal koalisi dengan dua partai sudah bisa mendapat syarat minimal 9 kursi, bisa dengan PKS yang punya 5 kursi, atau Gerindra dan Golkar yang masing-masing 3 kursi," ujar dia.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com