detikNews
Selasa 05 November 2019, 19:18 WIB

Kata Sultan HB X Usai Terima Penghargaan dari KemenPAN-RB

Usman Hadi - detikNews
Kata Sultan HB X Usai Terima Penghargaan dari KemenPAN-RB Sultan HB X menerima penghargaan dari Tjahjo Kumolo di Jakarta, Selasa (5/11/2019). Foto: Dok. Humas Pemda DIY
Yogyakarta - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, menerima penghargaan setelah dinyatakan sebagai kepala daerah pembina pelayanan publik kategori sangat baik dari KemenPAN-RB. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menpan-RB, Tjahjo Kumolo, di Jakarta hari ini.

Sultan HB X menyampaikan terima kasihnya kepada KemenPAN-RB setelah mendapatkan award itu. Raja Ngayogyakarta Hadiningrat ini menyatakan penghargaan yang diperolehnya merupakan awal dari upaya pemberian pelayanan publik yang terbaik dari Pemda DIY.

"Ini awal dari pemberian pelayanan publik yang terbaik, bukan akhir dari pelayanan publik. Tapi justru penghargaan ini merupakan awal dari kesiapan (Pemda DIY) untuk melakukan pelayanan publik," kata Sultan HB X dalam keterangannya, Selasa (5/11/2019).


Menurut Sultan, pemberian pelayanan publik kepada masyarakat tidak boleh dilakukan dengan diskriminasi. Sebaliknya, pemberian pelayanan publik itu harus dilakukan oleh jajaran Pemda DIY dengan optimal sehingga memudahkan masyarakat setempat.

"Seperti tadi yang saya utarakan, inovasi-kreatifitas untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi itu harus selalu terjadi. Karena tantangan juga berubah, aspirasi-keinginan juga berubah. Jadi perubahan itu sendiri menjadi keniscayaan," terangnya.


Sebagai informasi, Sri Sultan HB X menerima penghargaan sebagai kepala daerah pembina pelayanan publik kategori sangat baik dari KemenPAN-RB. Sultan menerima penghargaan itu langsung dari MenPAN-RB, Tjahjo Kumolo, di Jakarta hari ini

Penghargaan itu diberikan karena DIY dinilai sebagai daerah yang berhasil mengelola pelayanan publik. Hal itu terbukti dengan diraihnya predikat AA untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan menjadi yang terbaik di Indonesia.
(ush/rih)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com