Kekeringan Ekstrem, 5.523 Tangki Bantuan Air Masuk Sragen Tahun Ini

Andika Tarmy - detikNews
Selasa, 05 Nov 2019 13:21 WIB
Kekeringan di Sragen. (Foto: Andika Tarmy)
Kekeringan di Sragen. (Foto: Andika Tarmy)
Sragen - Tercatat 5.523 tangki air bersih telah dikirim ke Sragen, Jateng, untuk mengatasi bencana kekeringan di wilayah tersebut. Jumlah ini melonjak hampir tiga kali lipat dibanding penyaluran bantuan kekeringan tahun lalu, yang berkisar 1.950 tangki.

Berdasarkan data BPBD Sragen, per hari ini jumlah bantuan air bersih yang disalurkan melalui BPBD berjumlah 1.069 tangki, PDAM 1.399 tangki, PMI 491 tangki, sedangkan bantuan pihak swasta sebanyak 2.564 tangki.

"Jadi, dari empat stakeholder tadi, kendali dropping air ada di BPBD. Dari catatan kami, hingga hari ini sudah tersalur 5.523 tangki atau sekitar 35 juta liter air bersih. Ada lonjakan jumlah hampir tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu," ujar Kepala Pelaksana BPBD Sragen, Sugeng Priyono, saat ditemui detikcom di kantornya, Selasa (5/11/2019).


Lonjakan ini, lanjut Sugeng, disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya cakupan kekeringan yang lebih luas dibanding tahun lalu serta tingkat suhu udara yang lebih panas.

"Awal November ini justru masa-masa genting. Hujan awal turun sesekali, tapi suhu udara yang masih sangat panas membuat tingkat penguapan sangat tinggi. Air bersih semakin sulit didapat," terang Sugeng.
Selanjutnya
Halaman
1 2