Potret Warga Gunungkidul Antre Berjam-jam Cari Air dari Bocoran Pipa

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 29 Okt 2019 18:36 WIB
Warga Bulurejo, Desa Kepek, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul mengantre untuk ambil air dari bocoran pipa, Selasa (29/10/2019). (Pradito Rida Pertana/detikcom)


Warga lainnya, Painem (60), mengaku dalam sehari bolak-balik untuk mengantre air dari bocoran pipa sebanyak empat kali. Sedangkan untuk waktunya, perempuan murah senyum ini mengaku melakukannya saat pagi, siang, dan sore hari.

"Ya mau tidak mau harus antre seperti ini, Mas. Tapi belum pernah ada yang sampai bertengkar karena lama mengantre. Pokoknya yang penting sabar," katanya.

"Karena kalau saya beli air terus-terusan bisa-bisa uangnya habis. Apalagi bantuan air bersih juga jarang, jadi air ini (dari bocoran pipa) sangat membantu warga," imbuhnya.


Lanjut Painem, terdapat suka-duka saat ia bersama warga lain mengantre untuk mendapatkan air dari bocoran tersebut. Namun hal itu tidak menyurutkan niatnya mendapatkan air bersih.

Potret Warga di Gunungkidul Antre Berjam-jam Cari Air dari Pipa BocorFoto: Pradito Rida Pertana/detikcom

"Pernah itu, Mas, saya antre lama. Pas saya dapat giliran, malah airnya mati (berhenti mengalir). Ya sudah, kalau ditunggu kan bisa menghabiskan banyak waktu, jadi saya terus pulang ke rumah sambil menunggu kabar kalau airnya sudah mengalir lagi," ucapnya.

Painem mengaku ada dua RT yang memanfaatkan air dari bocoran pipa tersebut.

"Kalau RT 1 itu ada 31 KK yang mengambil air di sini, kalau yang RT 2 kurang tahu, tapi sepertinya juga puluhan KK," ujar Painem.
Halaman

(rih/rih)