Ubah Kebun Kelapa Jadi Tambak Udang Malah Menguntungkan

Robby Bernardi - detikNews
Kamis, 24 Okt 2019 17:39 WIB
Foto: Robby Bernardi/detikcom
Pemalang - Lahan kurang produktif yang sebelumnya merupakan kebun kelapa kini beralih fungsi menjadi tambak udang. Alih fungsi lahan itu dilakukan oleh PTPN IX di pesisir Utara Pemalang membuahkan hasil.

Lahan perkebunan kelapa yang kurang diproduktif ini beberapa waktu lalu dijadikan tambak udang Vaname. Hari ini dilakukan panen raya di tambak percontohan di Desa Pesantren, Pemalang, Kamis (24/10/2019). Satu hektare tambak bisa memanen hingga mencapai 7,8 ton udang. Di tempat itu terdapat 32 tambak udang.

"Hari ini kita panen raya perdana. Ini lahan percontohan. Kita ubah dari lahan tanaman kelapa, menjadi tambak udang," kata Mahmudi, Direktur Operasional PT Perkebunan Nusantara III saat panen raya.

Dia menjelaskan holding perkebunan, di Afdeling Pesantren ini terdapat 32 tambak udang.

"Dari total keseluruhan tambak, ada 12 tambak yang siap dipanen. Namun, dalam panen perdana hari ini dilakukan di empat tambak," jelasnya.

Menurutnya, perubahan fungsi dari lahan perkebunan kelapa ke tambak ini, merupakan langkah awal dalam rangka mengoptimalkan aset yang dimiliki PTPN IX dan juga membuka lapangan kerja bagi warga sekitar.

"Jadi ada peningkatan dalam nilai ekonominya. Satu hektarnya saja bisa panen mencapai 7,8 ton. Kita libatkan juga warga sekitar sini," katanya.
Selanjutnya
Halaman
1 2