detikNews
Kamis 24 Oktober 2019, 11:08 WIB

Harapan Rektor UGM Ke Mendikbud Milenial Nadiem: Buat Terobosan Baru

Usman Hadi - detikNews
Harapan Rektor UGM Ke Mendikbud Milenial Nadiem: Buat Terobosan Baru Panut Mulyono. -- Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Panut Mulyono, menyambut baik terpilihnya Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Ia berharap hadirnya Nadiem bisa menelurkan terobosan baru di bidang pendidikan.

"Saya menghormati hak prerogatif Presiden dalam memilih menteri-menterinya dan berharap Pak Mendikbud dapat membuat terobosan-terobosan baru untuk memajukan pendidikan di semua jenjang," kata Panut kepada detikcom, Kamis (24/10/2019).


Menurut Panut, lahirnya sumber daya manusia (SDM) yang unggul tidak bisa dilepaskan dari sistem pendidikan yang bagus. Oleh karenanya, diperlukan terobosan di bidang pendidikan, dengan cara itu diharapkan bangsa Indonesia lekas menjadi negara maju.

"Pendidikan tidak hanya harus menghasilkan insan yang bisa bekerja. Tetapi harus menghasilkan manusia-manusia yang berkarakter, memiliki rasa nasionalisme tinggi, kreatif dan inovatif, serta menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni," tuturnya.


Panut mengingatkan sekarang ini persaingan di tingkat global sangat ketat. Untuk memanangi persaingan itu diperlukan inovasi dari agak bangsa. "Bangsa yang dapat memanangi kompetisi di era sekarang adalah bangsa yang inovatif," tegasnya.

Sementara saat disinggung sosok Nadiem yang bukan dari akademisi namun menjadi Mendikbud yang mengurusi perguruan tinggi, Panut enggan mengomentarinya. "Mohon maaf saya tidak mau memberikan penilaian pribadi," kata Eks Dekan Fakultas Teknik UGM tersebut.
(/)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com