detikNews
2019/10/24 09:00:36 WIB

Kapal Latih Milik Sekolah Pelayaran Terbakar di Pelabuhan Tegal

Imam Suripto - detikNews
Halaman 1 dari 1
Kapal Latih Milik Sekolah Pelayaran Terbakar di Pelabuhan Tegal Kebakaran kapal di Tegal. -- Foto: Imam Suripto/detikcom
Jakarta - Sebuah kapal latih milik Sekolah Umum Pelayaran Menengah (SUPM) Negeri Kota Tegal, Kamis (24/10/2019) dinihari terbakar di Pelabuhan Tegal. Belum diketahui penyebab kebakaran ini.

Petugas Damkar kesulitan saat memadamkan api yang melalap bagian anjungan kapal dan merambat ke buritan. Petugas tidak bisa menjangkau bagian kapal yang terbakar karena tali pengikat lepas sehingga bergeser akibat tertiup angin.

Kapal baru bisa dikendalikan setelah salah satu warga nekat menyeburkan diri untuk meraih tambang pengikat kapal. Kapal kemudian ditarik dan menepi sehingga bisa dijangkau petugas damkar.


Api baru bisa dipadamkan jelang subuh sekitar pukul 03.30 setelah lima unit mobil Damkar dikerahkan untuk menyemprotkan air.

Heri (55) penjaga malam Dok Kapal di Jalan Bali menyampaikan, kebakaran diduga bermula dari konsleting listrik di bagian mesin kapal. Api kemudian merambat ke deck kapal, lambung kapal, dan buritan kapal.
Kapal Latih Milik Sekolah Pelayaran Terbakar di Pelabuhan TegalFoto: Imam Suripto/detikcom

Edi Mustono, dari SUPM Negeri Kota Tegal menyampaikan, pihaknya kali pertama diberitahu oleh petugas dari Polres Tegal Kota. Petugas memberitahukan bahwa kapal latih milik SUPM Negeri Tegal terbakar sekitar pukul 01.30 WIB.


"Tadi sore (Rabu) sekitar pukul 15.00 Kapal masih digunakan untuk latihan para siswa. Kerugian diperkirakan Rp 200 juta rupiah," kata Edi Mustono.

Kapolsek Tegal Timur, Kompol Agus Endro Wibowo di TKP mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com