detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 17:13 WIB

Bobol Rumah Polisi di Kudus, 2 Pencuri Ini Gasak Emas dan Duit Puluhan Juta

Akrom Hazami - detikNews
Bobol Rumah Polisi di Kudus, 2 Pencuri Ini Gasak Emas dan Duit Puluhan Juta Jumpa pers kasus pencurian di Mapolres Kudus. Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Dua orang pencuri membobol rumah seorang polisi di Kudus. Mereka menggasak emas dan uang sebesar puluhan juta rupiah.

"Saat kejadian pemilik rumah, AKP Catur Kusuma Adhi, sedang pergi ke Semarang," ujar Kapolres Kudus AKBP Saptono dalam jumpa pers di kantornya, Rabu (23/10/2019).

Dua pelaku bernama Mochamad Supriyanto (32) warga Desa Jakenan, Kecamatan Jakenan, Pati dan Nurdin (37) warga Desa Murbaya beraksi pada 14 September 2019.

Dari keterangan pelaku, Saptono mengungkap bahwa rumah Kasatbinmas Polres Kudus AKP Catur Kusuma Adhi yang sedang kosong sudah menjadi target.


Kedua pelaku berbagi tugas dalam aksinya. Nurdin bertugas mengeksekusi, sedangkan Supriyanto menjemput Nurdin.

Nurdin menggasak uang tunai Rp 46 juta, sebuah smartphone, dan perhiasan emas seberat 63 gram. Setelah rampung mencuri harta korban, Nurdin kemudian menghubungi temannya.

"Nurdin menelepon Supriyanto dan meminta dijemput di pinggir jalan," tambah Saptono.


Korban yang kaget mendapati rumahnya berantakan dan benda berharganya hilang langsung melapor ke Polsek Jati. Polisi kemudian meringkus pelaku Nurdin di Semarang dan Supriyanto ditangkap di Pati pada keesokan harinya.

Di hadapan petugas, Nurdin mengaku tidak tahu jika sasarannya adalah rumah milik polisi.

"Tidak tahu (rumah polisi)," ujarnya singkat.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com