detikNews
Selasa 22 Oktober 2019, 13:48 WIB

Angin Kencang Merusak 1.092 Rumah dan 11 Sekolah di Dieng

Uje Hartono - detikNews
Angin Kencang Merusak 1.092 Rumah dan 11 Sekolah di Dieng Rumah warga rusak akibat diterjang angin kencang di dataran tinggi Dieng. (Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara - Jumlah rumah warga yang rusak akibat diterjang angin kencang di dataran tinggi Dieng bertambah menjadi 1.092 unit. Selain itu, 11 gedung sekolah dasar dan pasar rusak di bagian atap.

Berdasarkan asesmen yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, 1.092 unit rumah rusak di 8 desa di Kecamatan Batur. Terdiri atas 202 unit rumah rusak berat, 510 unit rusak sedang, dan 382 unit rusak ringan.

Selain itu, dampak angin kencang merusak rumah di Desa Gembol, Kecamatan Pejawaran, sebanyak 15 unit.


"Kerusakan sebagian besar di bagian atap rumah. Termasuk 11 sekolah desar dan pasar yang atapnya terbang terbawa angin kencang," jelas Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara Arief Rahman di ruang kerjanya, Selasa (22/10/2019).

Gedung sekolah rusak tersebar di sejumlah desa di Kecamatan Batur. Untuk tindak lanjut, pihak BPBD tengah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Olahraga Banjarnegara.


Selain itu, BPBD Banjarnegara masih mendata jumlah pengungsi saat ini.

"Untuk pengungsi, PMI menyatakan ada. Tetapi datanya berapa, belum diperoleh karena masih terus pendataan sampai sekarang," jelasnya.




Simak video Diterjang Angin Berdebu, Bangunan Warga di Desa Sumberbrantas Rusak!:

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com