detikNews
Jumat 18 Oktober 2019, 23:08 WIB

Sebelum ke Pelantikan, Wapres China Tengok Kampung Jokowi

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sebelum ke Pelantikan, Wapres China Tengok Kampung Jokowi Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
solo - Wakil Presiden China, Wang Qishan, menjadi salah satu tamu undangan dalam pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo. Sebelum ke Jakarta, Wang Qishan terlebih dahulu berkunjung ke kampung halaman Jokowi di Surakarta atau Solo, Jawa Tengah.

Malam ini, Jumat (18/10/2019), Wang Qishan dijamu oleh Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo di rumah dinasnya, Loji Gandrung. Berbagai tarian tradisional dan makanan tradisional disuguhkan kepada rombongan Wapres China.

FX Hadi Rudyatmo mengatakan Wang sebelumnya sempat menengok Bendung Tirtonadi, Banjarsari, Solo. Dia menyusuri tepian Kali Anyar yang kini menjadi salah satu ruang publik di Solo.

Menurut wali kota, Wang pernah berada di Solo pada sekitar tahun 1960. Kedatangan ke Solo juga untuk bernostalgia masa kecilnya.

"Dulu masih anak-anak pernah di situ (Tirtonadi). Katanya dulu suka dengan lagu Bengawan Solo, makanya di sana (China) dia juga suka menyanyikan lagu Bengawan Solo," ujar dia.

Dalam jamuan makan malam ini, Wang juga sempat menyanyikan lagu Bengawan Solo dalam bahasa Mandarin. Hadirin pun bertepuk tangan usai mendengarkan Wang bernyanyi.

"Beliau kan besok bertemu presiden saat pelantikan. Beliau kan bisa mengobrol tentang kunjungannya ke kampung halaman presiden hari ini," ujar dia.

Sementara Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mengatakan Wang juga berkunjung ke Museum Sangiran di Sragen. Di sana, Wang ingin melihat sejarah manusia purba.

"Wapres tadi mengatakan ada kesamaan satu kurun dengan nenek moyang mereka, 1,8 juta tahun yang lalu. Jadi mereka ingin melihat," kata Yasin.

Atas kunjungan ini, Yasin berharap agar Wang dapat mempromosikan Jawa Tengah kepada masyarakat China.

"Saya harap usai kunjungan ini, Wapres RRT (China) bisa menceritakan kedamaian, keindahan, bagaimana Jateng memiliki solidaritas tinggi," katanya.
(bai/bgs)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com