detikNews
2019/10/18 14:10:46 WIB

Korem dan Lanud Yogya Pastikan Peluru Berserakan di Selokan Bukan Miliknya

Usman Hadi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Korem dan Lanud Yogya Pastikan Peluru Berserakan di Selokan Bukan Miliknya Sebanyak 119 peluru ditemukan di dalam selokan Jalan KH Ahmad Dahlan, Kota Yogyakarta. Foto: Usman Hadi
Yogyakarta - Komando Resor Militer (Korem) 072 Pamungkas dan pihak Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto memastikan 119 butir peluru aktif untuk pistol FN yang ditemukan berserakan di proyek selokan Jalan KH Ahmad Dahlan Yogyakarta bukan milik satuannya.

"Sampai saat ini belum ada laporan kehilangan (amunisi) dari Korem," ujar Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 072 Pamungkas, Mayor (Arm) Mespan, saat dihubungi wartawan, Jumat (18/10/2019).

Mespan menuturkan telah ada prosedur tetap (protap) penggunaan amunisi di satuan Korem 072 Pamungkas. Bahkan protap itu juga mengatur penggunaan amunisi saat diadakan latihan untuk para personelnya.

"Kita latihan nembak juga itu kan harus (menghitung) berapa amunisi yang kita keluarkan... Selongsongnya itu harus dikembalikan sejumlah amunisi yang dikeluarkan juga. Jadi sampai saat ini dari Korem belum ada yang kehilangan," tuturnya.


Terkait ditemukannya 119 butir peluru aktif untuk pistol FN, kemarin, Mespan belum bisa berbicara banyak. Lantaran hingga kini pihaknya belum melihat secara langsung pelurunya. Sementara peluru dengan kaliber 9 milimeter, kata dia, ada banyak jenisnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com