detikNews
Jumat 18 Oktober 2019, 11:25 WIB

Suasana Saat WPS Antre Santunan Usai Lokalisasi Sunan Kuning Ditutup

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Suasana Saat WPS Antre Santunan Usai Lokalisasi Sunan Kuning Ditutup Suasana pengambilan tali asih. -- Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Lokalisasi Sunan Kuning Semarang pagi ini resmi ditutup. Ratusan wanita pekerja seks (WPS) hari ini juga menerima santunan Rp 5 juta per orang dan selanjutnya dipulangkan ke daerah masing-masing.

Usai acara seremonial penutupan, dilakukan pencairan dana tali asih sebesar Rp 5 juta per orang dari APBD Kota Semarang. WPS yang mendapatkan tali asih tersebut terdata ada 448 orang.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, berharap para WPS bisa memulai kehidupan baru dengan usaha yang lebih baik. Para eks WPS tersebut meninggalkan Sunan Kuning dengan bus-bus yang disediakan oleh Pemkot untuk diantar ke daerah asal masing-masing.
Suasana Saat WPS Antre Santunan Usai Lokalisasi Sunan Kuning DitutupSuasana pengambilan tali asih. -- Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom


Sedangkan untuk eks WPS yang berdomisili di Kota Semarang bisa menggunakan fasilitas yang ada seperti pelatihan atau kredit modal murah. Hendrar juga menyebut membuka pintu bagi WPS asal Semarang yang butuh bantuan untuk cari kerja.

"Yang tinggal di Semarang masih punya kemungkinan bisa manfaatkan fasilitas di Kota Semarang seperti kredit Wibawa, pelatihan-pelatihan," kata Hendrar, Jumat (18/10/2019).
Suasana Saat WPS Antre Santunan Usai Lokalisasi Sunan Kuning DitutupWali Kota menyalami penerima santunan. -- Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom


Wali Kota juga menyebut tidak ingin penutupan lokalisasi ini hanya seremonial saja. Ia berharap Satpol PP bisa mengawasi termasuk di tempat karaoke di Argorejo yang masih diberi kesempatan buka sampai bisa mengurus izin.

Hendi juga menyebut, setelah aktivitas prostitusi ditutup di Argorejo, akan dibahas pembentukan kampung tematik di sana yaitu kampung reliji. Hal itu mengacu kepada adanya makam penyebar Islam di Jawa yaitu Soen An Ing atau dikenal Sunan Kuning.

Suasana Saat WPS Antre Santunan Usai Lokalisasi Sunan Kuning DitutupEks WPS dipulangkan dengan bus. -- Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

(alg/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +